Cara Sehat Turunkan Kolesterol dan Hipertensi

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 05 September 2016 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 05 481 1482020 cara-sehat-turunkan-kolesterol-dan-hipertensi-tVGexIqn4S.jpg Diet ikan salmon bantu turunkan kolesterol dan hipertensi (Zeenews)

ANDA mungkin bertanya-tanya mengapa orang yang bermain sepak bola dapat terkena serangan jantung. Leslie Bonci, RD, ahli gizi dari Pittsburgh Steelers menyarankan Anda untuk mengonsumsi beberapa asupan untuk menurunkan kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Ketahui beberapa cara berikut yang mampu mengurangi risiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi, dikutip dari Eatingwell, Senin (5/9/2016).

Menghindari lemak jenuh

Ada baiknya untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging berlemak. Anda bisa mengakalinya dengan memisahkan lemak pada daging, mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, serta susu. Cara terbaik untuk mengolah daging ialah dengan merebusnya dan membakarnya.

Konsumsi serat

Mengurangi risiko jantung koroner dapat dilakukan dengan mudah melalui konsumsi gandum, buah-buahan, serta biji-bijian. Setidaknya 25 gram untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ikan

Mengonsumsi ikan dua kali dalam seminggu dapat mereduksi risiko penyakit jantung sebesar 30 persen. Omega-3 pada ikan dapat menstabilkan tekanan darah. Mengonsumsinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Olahraga

Tak perlu olahraga berlama-lama, cukup 30 menit saja. Journal of the American Medical Association menyarankan untuk melakukan jalan cepat untuk menjaga kesehatan jantung dan menstabilkan tekanan darah Anda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini