Wah, Orang Madagaskar Ketagihan Tongseng!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 06 September 2016 17:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 06 298 1482774 wah-orang-madagaskar-ketagihan-tongseng-uFSI7XM4Ce.jpg Orang Madagaskar ketagihan tongseng (Foto: Selerarasa)

TERBUKTI kuliner Indonesia dengan kekayaan rasanya ternyata bisa diterima oleh lidah masyarakat asing. Setelah rendang yang diakui sebagai makanan paling enak, kini tongseng yang mendapat pengakuan enak dari masyarakat Madagascar, Afrika.

Hal ini diungkapkan pengamat kuliner Arie Parikesit saat ditemui di Jakarta. Pria ramah yang hobi mencicipi kuliner Nusantara ini mengatakan dalam sebuah acara di Madagaskar menyajikan tongseng sebagai kuliner Indonesia dan antusiasme dari masyarakat sekitar sangat mengejutkan.

“Waktu itu acara di Madagaskar, kalau enggak salah Indonesian Food Week. Di sana kami bikin tongseng dan masyarakatnya suka padahal biasanya mereka tidak suka pedas,” kata Arie.

Tapi yang dibuat di Madagaskar bukanlah tongseng kambing melainkan tongseng domba. “Di sana adanya domba jadi kita bikin tongseng domba. Sebenarnya sama saja antara domba dan kambing,” lanjut Arie.

Dari sini semakin yakin jika sebenarnya kuliner Nusantara bisa diterima di lidah masyarakat asing. Selain itu modifikasi juga penting agar makanan Indonesia bisa sesuai dengan selera lidah masyarakat setempat. Hal ini penting juga dalam penggunaan bahan serta bumbu yang pasti terbatas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini