nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Tidur

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 06 September 2016 19:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 06 481 1482880 6-dampak-buruk-terlalu-banyak-tidur-rMpklhIFu4.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

KURANG tidur sudah jadi penyakit bagi banyak orang di perkotaan. Tapi, beberapa orang juga terbiasa tidur terlalu banyak yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan juga.

"Orang-orang yang tidur lebih dari 10 jam per hari umumnya memiliki profil kesehatan yang lebih buruk dibandingkan mereka yang tidur 7 sampai 8 jam," kata profesor kedokteran tidur di Harvard, Susan Redline, MD, MPH.

Nah, berikut adalah enam dampak buruk dari terlalu banyak tidur, seperti dilansir dari Menshealth, Selasa (6/9/2016).

Tingkatkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung sudah menjadi penyebab kematian tertinggi di banyak negara. Tidur lebih dari 8 jam setiap malam meningkatkan peluang kematian karena faktor tersebut sebesar 34 persen. Meskipun itu bukan kasus sebab dan akibat yang sederhana, ini tetap memiliki hubungan.

Berat badan bermasalah

Ada juga teori yang menghubungkan kurangnya aktivitas fisik karena terlalu banyak tidur. Dengan kata lain, semakin banyak Anda tidur, semakin sedikit waktu Anda untuk bergerak dan membakar kelebihan berat badan.

Risiko diabetes meningkat

Terlalu banyak tidur dapat meningkatkan kadar gula darah, sama seperti dampak ketika Anda kurang tidur. Gula darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kurang gerak dan kelebihan berat badan adalah hal yang bisa mendorong faktor risiko ini.

Sulit konsentrasi

Kebiasaan tidur panjang dapat mempercepat penuaan otak bahkan membuatnya dua tahun lebih tua sehingga membuat Anda sulit untuk melakukan tugas sehari-hari, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Geriatrics Society.

Masalah pada mental ini juga cenderung ditengarai kebiasaan sering bangun pada malam hari. Jika Anda bangun terlalu sering, Anda mungkin tidak cukup tidur nyenyak yang dibutuhkan untuk pemulihan tubuh.

Meningkatkan risiko kematian dini

Risiko penyakit jantung, diabetes, dan efek lainnya dari tidur terlalu lama bisa membuat seseorang yang menderita penyakit itu cepat meninggal dunia. Mengerikan memang, tapi kebiasaan tidur panjang membuat tubuh alami peradangan dan sulit sembuh.

Mudah depresi

Tidur lebih lama juga dapat memicu depresi. Penting untuk dicatat bahwa perasaan galau terkadang hanya bersifat sementara. Tidak semua orang yang terlalu banyak tidur merasakan suasana hati buruk karena depresi klinis. Dalam beberapa kasus, memperpendek waktu tidur cukup untuk meningkatkan semangat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini