6 Faktor Ini Penyebab Kolesterol Tinggi

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Selasa 06 September 2016 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 06 481 1482956 6-faktor-ini-penyebab-kolesterol-tinggi-OGJevLxnSy.jpg Penyebab kolesterol tinggi (Foto: Health)

Biasanya konsumsi daging merah dan berlemak, menjadi salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi.

Namun, ketahui faktor lainnya sebagai pencetus kolesterol tinggi, dikutip dari laman Health, Selasa (6/9/2016).

Diet yang salah

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, terutama di pagi hari seperti daging sapi, daging babi, susu, telur, mentega, dan keju, bisa memicu kenaikan kolesterol Anda. Jika memang benar, ada baiknya untuk menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh.

Berat badan

Suka mengonsumsi bir? Nampaknya Anda perlu berhenti dari kebiasaan ini. Pasalnya, gaya hidup yang tidak sehat dapat menurunkan HDL atau kadar kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Aktivitas fisik yang kurang

Mengisi waktu luang sambil menonton televisi, tidur, ngemil, dan bermalas-malasan, bisa memicu kenaikan kolesterol jahat dalam tubuh. Kurangnya aktivitas fisik berdampak buruk terhadap kenaikan kadar kolesterol buruk dan menurunkan kolesterol baik.

Jenis kelamin dan umur

Setelah Anda berusia lebih dari 20 tahun, kadar kolesterol dalam tubuh mulai meningkat secara otomatis. Pada pria, kadar kolesterol pada umumnya menurun sekira usia 50 tahun. Sedangkan pada wanita, kadar kolesterol mulai menurun saat mereka menopause, setelahnya kadar kolesterol mereka meningkat setara dengan pria.

Masalah kesehatan

Jangan pernah melewatkan cek rutin kesehatan Anda. Masalah kesehatan dengan penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme dapat menyebabkan tingkat kolesterol meningkat.

Merokok

Kebiasaan buruk merokok bisa menekan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jika Anda tetap menjalankan gaya hidup tak sehat lainnya, seperti konsumsi makan yang mengandung lemak jenuh, justru dapat meningkatkan kadar kolesterol yang buruk.

http://www.health.com/health/gallery/0,,20306953,00.html/view-all

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini