nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Jadinya Manusia Hidup dengan Satu Ginjal?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 07 September 2016 22:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 07 481 1484068 apa-jadinya-manusia-hidup-dengan-satu-ginjal-MXjOAKlsvS.jpg Manusia hidup dengan satu ginjal (Foto: Mayoclinic)

DONOR ginjal bukan menjadi suatu yang menghambat kehidupan dan aktivitas mereka yang hidup dengan satu ginjal. Maka, jangan khawatir bila ingin mendonorkan ginjal Anda dengan sukarela.

Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr Dharmeizar, SpPD, K-GH menunjukkan, fakta seseorang yang punya satu ginjal masih kuat bertahan hidup dan berkualitas. Begitu juga dengan fungsi ginjalnya tetap normal.

"Meski punya satu ginjal, manusia masih bisa kerja, cari uang, dan bisa punya anak. Dalam observasi selama 40 tahun, kehidupan mereka tetap normal," katanya saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, kemarin.

Hal ini, tambah dr Dharmeizar, perlu disosialisasikan kepada orang yang sehat bila ingin mendonorkan ginjal kepada keluarga yang membutuhkan. Calon pendonor masih sering mengalami ketakutan, karena khawatir mendapat risiko yang bakal dihadapi.

"Pernah saya dapat pasien 17 tahun untuk meminta donor ginjal dari keluarganya, akhirnya dapat tantenya. Seiring waktu, tantenya hidupnya tetap sehat dan punya anak lagi. Artinya baik pria dan wanita jadi pendonor ginjal, mereka masih bisa punya anak," tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini