Share

Cara Jitu Minimalisasi Lembur

Kamis 08 September 2016 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 08 196 1484957 cara-jitu-minimalisasi-lembur-8ROzPKIioE.jpg Cara jitu lembur (Foto: Corbis)

PERNAHKAH Anda merasa pekerjaan seakan tidak ada habisnya? Bahkan kerap kali Anda harus lembur tiap hari demi menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

Tapi, sebenarnya ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi 'waktu ekstra' di kantor. Berikut sejumlah tips yang mungkin bisa membantumu mengatasi permasalahan tersebut seperti dikutip dari Buku Anak Bawang Cari Peluang.

Memahami deskripsi pekerjaan

Pastikan kamu memahami apa yang menjadi target perusahaan baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Dengan mengetahui dengan pasti apa tuntutan perusahaan terhadapmu, atasan pun tidak perlu mengulang berkali-kali mengingkatkanmu.

Proaktif

Jangan malu dan beranikan diri untuk bertanya kepada atasan mengenai target jangka panjang yang ingin diraih perusahaan, khususnya di departemen tempatmu bekerja. Dengan demikian, kamu dapat membuat rencana kerja bagimu sendiri.

Bikin to-do-list

Membiasakan diri teratur tidak ada salahnya kok. Catatlah semua tugas yang harus kamu kerjakan hari itu maupun esok hari. Berikan checklist setiap tugas yang telah kamu lakukan. Dengan begini, kamu akan mudah mengetahui tugas yang belum maupun yang sudah dikerjakan.

Perfeksionis

Terkadang, sikap perfeksionis justru menjadi penyebab pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih lambat karena harus terus memastikan semuanya sempurna. Memiliki sikap perfeksionis memang baik, namun juga harus diimbangi dengan penggunaan waktu yang efektif dan efisien.

Jujur

Setiap karyawan dalam sebuah perusahaan memiliki tanggung jawab masing-masing. Namun, sebagai manusia, tentu kamu memiliki keterbatasan. Jika memang kamu merasa berbagai tugas yang dibebankan kepadamu terlalu berat untuk dikerjakan sendiri, segera konsultasi dengan atasan untuk mencari solusinya. Jangan sampai memaksakan diri sehingga memberikan hasil yang berantakan.

Alokasi waktu

Sosialisasi dan refreshing sejenak di kantor memang diperlukan untuk membuatmu dapat kembali fokus dengan berbagai pekerjaan. Namun, perlu diingat, alokasikan waktumu seefektif dan seefisien mungkin sehingga baik kehidupan pribadi maupun profesional dapat berjalan dengan seimbang.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini