Pengganti MSG, Pedangdut Juan Rahman Pakai Ini untuk Lezatkan Masakan

Santi Andriani, Jurnalis · Kamis 08 September 2016 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 08 298 1484509 gantikan-msg-pedangdut-juan-rahman-pakai-ini-untuk-lezatkan-masakan-Z8QCX4Z1Gp.png Penyedap rasa dari jamur (Foto: Google)

DARIPADA memakai MSG atau mecin, ternyata sejumlah orang memilih menggunakan penyedap rasa untuk melezatkan masakan. Seperti yang dilakukan oleh pedangdut Juan Rahman.

Harus diketahui, MSG atau Monosodium Glutamat jelas berbeda dengan penyedap rasa. Gusti Ngurah Retjak, mantan chef yang sudah berpuluh-puluh tahun berkecimpung di dunia memasak menjelaskan, penyedap rasa seperti kaldu bubuk kemasan cenderung lebih aman. Karena terbuat dari kaldu yang diekstrak menjadi bubuk. Unsur kimianya juga lebih sedikit dibanding mecin.

Juan Rahman yang memang hobi masak ini mengaku menggunakan penyedap rasa untuk melezatkan masakanannya. Namun bukan penyedap rasa yang terbuat dari ekstrak daging sapi atau ayam, jebolan Kontes Dangdut Indonesia ini lebih memilih menggunakan penyedap rasa dari ekstrak jamur.

Dulu, untuk melezatkan makanan, Juan Rahman memang mengaku menggunakan penyedap rasa dari hewani. Namun setelah tahu bahwa penyedap rasa dari jamur lebih lezat, ia pun beralih ke penyedap rasa dari jamur.

"Penyedap rasa dari jamur lebih sehat dan memakai sedikit saja sudah bisa melezatkan masakan. Sekarang aku jadi ketagihan pakai penyedap rasa dari jamur," ungkap Juan Rahman kepada Okezone di Jakarta.

Diakui putra dari Medan ini, penyedap rasa dari jamur memang lebih mahal dan masih sulit ditemukan di supermarket biasa. Meski demikian, karena rasanya yang lebih lezat, Juan mengaku tetap menggunakan penyedap rasa dari jamur.

"Harganya lebih mahal dan biasanya adanya cuma di supermarket khas Jepang gitu, tapi karena lebih sehat dan lezat, aku tetap pakai. Tapi abisnya bisa lama karena cukup pakai sedikit masakan sudah enak," tandasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini