nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pegang Ikan Buntal, Travellers Ini di-Bully

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 08 September 2016 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 08 406 1484924 pegang-ikan-buntal-travellers-ini-di-bully-Md3s6oDVKl.jpg Ikan buntal (Foto: Instagram)

ADA beberapa aturan tak tertulis menjadi pegangan penyelam, termasuk tak memegang biota laut. Namun tidak semua setuju akan hal ini.

Sebuah foto yang diunggah ke Instagram menjadi perbincangan netizen beberapa hari ini. Sebab, foto tersebut memperlihatkan seekor puffer fish atau ikan buntal yang tengah berada di dalam genggaman seorang traveller.

Banyak netizen berpikiran bahwa hal ini tidak patut dilakukan oleh seorang penyelam. Karena bagaimana pun, ikan buntal adalah salah satu biota laut yang tidak seharusnya diganggu.

Apalagi ikan tersebut terlihat merasa terancam sehingga menggelembungkan diri yang merupakan bentuk pertahanan diri terhadap musuh.

Sebuah akun yang mengunggah foto ini justru menerangkan kepada netizen bahwa apa yang dilakukannya tidak membahayakan ikan buntal.

"Found Mrs. Puff!!" tulis pengunggah foto dalam caption.

Dari keterangan foto, diketahui gambar ini diambil saat ia menyelam di Taman Wisata Laut Olele, Gorontalo. Foto ini pun menuai kontroversi dari netizen.

"iya, perbuatan mba @ninapue ini sangat dilarang, dan kemarin kami melihat foto ini ketika kami sedang berada di tulamben untuk acara 10th anniversary forum selam. Jadi seluruh divers disana marah sekali. Tolong lah sama2 jaga kehidupan bawah laut," tulis akun sabrinasash.

"To mbak @ninapue . Puffer fish ini kalau merasa terancam dia akan gembungin diri. Banyak diver nakal dan ignorant yg suka nyentuh2 ikan ini karena kalo gembungin diri jd bulet dan lucu. Nah kenapa kita ga boleh sentuh makhluk laut sembarangan??

Karena makhluk laut tu SANGAT sensitif, tubuh manusia bahkan kulit manusia saja banyak racunnya. Jd pasti nempel tu racun2 dr atas permukaan ke tubuh ikan. Makanya ikan suka stress kalo banyak di towal towel. Lagi pula semakin sering puffer fish menggembungkan diri, maka semakin memendekan usia ikan tsb," tulis netizen lain dengan akun natashafebryana.

Pemilik akun yang mengunggah foto ini pun sempat bereaksi dan membalas komentar dari netizen. Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan dan tidak dilakukan saat travelling adalah berdasarkan pada informasi yang ia dapatkan dari orang-orang yang ia temui dalam perjalanan, termasuk guide dan penduduk setempat yang menemaninya.

"I think this kind of scenario still happen in some places not just Sulawesi, and luckily you guys found me based on hashtags and location I used. You guys all are experienced for this kind of issue, and we know there's a lot of trips that still open for unknown people," lanjut pemilik akun.

Selain ikan buntal merasa terancam, apakah yang akan terjadi kepada orang yang memegang ikan tersebut? Berdasarkan informasi didapat Okezone, jika dipegang maka ikan buntal akan mengeluarkan zat beracun berbahaya melalui duri ikannya saat ia merasa terancam. Zat ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari musuh yang mendekat.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini