Sebelum Ajak Anak Melihat Sembelih Hewan Kurban, Jelaskan Ini Dulu!

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Sabtu 10 September 2016 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 10 196 1486482 sebelum-ajak-anak-melihat-sembelih-hewan-kurban-jelaskan-ini-dulu-mML3DvKFmz.jpg Anak dan hewan kurban (Foto: Askideas)

HARI Raya Idul Adha semakin dekat. Di momen hari raya ini, seluruh umat Islam disunnahkan untuk berkurban bagi yang mampu, menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada fakir miskin.

Namun, pada saat prosesi penyembelihan hewan kurban ini, apakah layak disimak oleh anak? Berikut penjelasan dari psikolog senior Rose Mini mengenai dampak secara psikologis bagi anak yang menyimak proses penyembelihan hewan.

"Sebenarnya ini kan ibadah ya, anak boleh saja diajak melihat proses penyembelihan namun ada catatan, orangtua harus menjelaskan sejelas-jelasnya apa itu kurban, Idul Adha dan tentu tentang haji karena ini semua berkaitan," jelas wanita yang hangat disapa dengan Bunda Romi ini kepada Okezone di Jakarta, (10/9/2016).

Kemudian tambahnya, jika tak ada penjelasan sebelumnya atau pengetahuan yang diberikan terpotong-potong anak akan punya persepsi sendiri mengenai penyembelihan hewan.

"Ya nanti anak mengira bahwa 'Oh kalau hewan itu enggak apa-apa disembelih' padahal enggak semua hewan bisa disembelih kan."

Yang parahnya, anak bisa saja kaget lalu trauma karena ini adalah hal yang asing untuk mereka. "Anak akan melihat darah begitu banyak, kalau anak belum tahu ini maknanya apa dia bisa saja trauma. Bahkan, ada lho yang enggak bisa lihat darah lalu pingsan. Makanya beri tahu secara urut, kisah asal usul kurban dan tekankan ini merupakan ibadah karena Allah," tutup bunda Romi.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini