Nilai Kebaikan dari Penyembelihan Hewan Kurban untuk Anak

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Minggu 11 September 2016 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 10 196 1486726 nilai-kebaikan-dari-penyembelihan-hewan-kurban-untuk-anak-yQCbmwT0bI.jpg Ilustrasi orangtua dan anak (Foto: Idiva)

MENYEMBELIH hewan kurban merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan bagi umat Islam yang mampu. Dari prosesi penyembelihan hewan di Hari Raya Idul Adha ini juga sarat akan makna ikhlas dan berbagi, yang mana ini juga bisa ditanamkan pada anak sedari kecil.

Lantas, bagaimana sesungguhnya memaknai prosesi penyembelihan hewan kurban untuk anak? Berikut saran dari dari psikolog Rose Mini kepada Okezone, belum lama ini.

"Pertama-tama kalau masih kecil sebaiknya jangan dibawa dulu. Baiknya bawa anak yang sudah memahami betul apa itu kurban. Sehingga, mereka tidak punya attachment tersendiri mengenai penyembelihan hewan."

Menurut psikolog yang juga merupakan tenaga pengajar di Universitas Indonesia ini, baiknya ajak anak ketika pembagian daging hasil kurban kepada yang membutuhkan.

"Kalau mau ajak anak saat pembagian. Itu lebih ada value-nya. Bahwa, ada loh yang tidak bisa makan daging karena harga daging terlalu mahal, kita bisa makan daging setiap hari tapi ada loh yang mungkin saja makan daging hanya setahun sekali, jadi ada orang yang berbahagia. Ini juga anjuran Allah untuk berbagi kepada sesama," papar Rose Mini.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini