Kolesterol pada Daging Sapi dan Kambing, Mana yang Lebih Tinggi?

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 10 September 2016 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 10 481 1486378 kolesterol-pada-daging-sapi-dan-kambing-mana-yang-lebih-tinggi-kvXUdUsWcy.jpg Grilled meat adalah cara terbaik dan menyehatkan dalam mengolah daging (foto: www.recipehubs.com)kurban

IDUL Adha, selalu ditunggu karena hidangan lezat seperti daging kambing dan sapi. Beragam olahan kambing atau pun sapi sudah terhidang di meja. Namun, kekhawatiran akan meningkatnya kolesterol serta hipertensi, melanda setelah Anda menyantap makanan tersebut.

Daging kambing dan sapi, manakah yang lebih baik untuk disantap? Ternyata daging kambing dan sapi memiliki kandungan kolesterol yang berbeda.

Dr Dian Kusumadewi, M.Gizi, Ahli Gizi dari Divisi Kedokteran Keluarga Universitas Indonesia, mengatakan daging kambing dan sapi memiliki ukuran zat gizi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) di setiap 100 gram daging tanpa lemak.

"Antara daging kambing dan sapi memang terdapat perbedaan. Kalori pada kambing lebih besar pada sapi. Jadi, kalau bicara jumlah kalori dari kambing sekira 180 kkal, sedangkan sapi 160 kkal per 100 gram," ujar dr Dian pada Okezone saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa kandungan protein dalam daging kambing sekira 16,5 gram per 100 gram, sedangkan pada sapi 20 gram per 100 gram. Sedangkan kandungan lemak kambing lebih besar, sekira 23,4 gram per 100 gram, sementara sapi hanya 9 gram.

Anda tak perlu khawatir dalam menyiapkan hidangan Idul Adha untuk keluarga. dr. Dian menyarankan cara yang paling mudah untuk tetap bisa menikmati hidangan ini adalah mengakalinya dalam proses pengolahan. Ia tidak menyarankan daging diolah dengan cara digoreng atau ditambahkan santan. Cara terbaik ialah direbus dan dipanggang.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan mengolah hidangan Idul Adha bersama keluarga?

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini