Taktik Menghindari Kolesterol saat Idul Adha

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 10 September 2016 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 10 481 1486577 taktik-menghindari-kolesterol-saat-idul-adha-zXD7Ac5XE1.jpg Olahraga yang teratur, salah satu taktik menghindari kolesterol (foto: www.nottinghampersonaltrainer.com)

MUNGKIN sedikit di antara Anda yang bisa mengelak godaan tongseng, opor, dan olahan daging lainnya di Hari Raya Idul Adha. Menjaga konsumsi daging adalah salah satu cara yang tepat menghindari risiko kolesterol.

Anda perlu mengantisipasi dan mengambil langkah untuk menurunkan kolesterol setelah makan hidangan lezat Idul Adha. Salah satunya dengan diet sehat yang dibarengi dengan olahraga.

Sebuah penelitian dari Stanford University School of Medicine melibatkan 200 orang dewasa di Amerika yang telah lama tenggelam dengan kebiasaan buruk mereka. Mereka terbagi atas 3 kelompok. Kelompok pertama diinstruksikan untuk memulai diet sehat dan menjalankan aktivitas fisik. Kelompok kedua diminta hanya berdiet saja = dan menunggu beberapa bulan untuk berolahraga. Kelompok ketiga hanya diminta untuk berolahraga tanpa menjalankan diet.

Semua kelompok diteliti dalam waktu satu tahun. Ternyata kelompok pertama lah yang menunjukkan hasil yang terbaik, diet dan berolahraga. Mereka disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit setiap minggunya dan diet sehat (5 - 9 porsi buah dan sayuran setiap hari), dan menjaga kalori dari lemak jenuh kurang dari 10 persen dari asupan kalori total.

Perubahan gaya hidup dan pengaturan pola makanan tentu diperlukan. Bahkan cara sederhana semacam ini apabila dilakukan secara rutin dengan komitmen penuh, dapat  menurunkan kolesterol tanpa bantuan obat-obatan.

Penurunan kolesterol juga bisa dibantu dengan bantuan obat. Namun, obat-obatan biasanya disarankan oleh dokter ahli. Biasanya dokter akan memeriksa kadar kolesterol pada pasien dan meresepkan obat-obatan yang tepat. Demikian dikutip dari lama Pritikin, Sabtu (10/9/2016).

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini