Santap Daging Kambing Tak Perlu Takut Kolesterol, Ini Tipsnya!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 10 September 2016 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 10 481 1486585 santap-daging-kambing-tak-perlu-takut-kolesterol-ini-tipsnya-j50nhVPENd.jpg Tak perlu takut kadar kolesterol meningkat, karena santap daging kambing (foto: www.sheepfarm.in)

APAKAH anda mencemaskan tingginya kolesterol setelah menyantap hidangan di Hari Raya Idul Adha? Jika ya, saran ahli gizi berikut ini perlu anda perhatikan.

Dr Dian Kusumadewi, M.Gizi, Ahli Gizi dari Divisi Kedokteran Keluarga Universitas Indonesia mengatakan cara pengolahan adalah metode paling penting untuk menghindari kolesterol tinggi.

"Bagi kita yang menderita kolesterol, kita pilih bagian daging dengan lemak yang lebih sedikit. Tapi sekali-kali kalau kita ingin mengonsumsinya, tidak apa-apa," ujar dr Dian pada Okezone, saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ia menyarankan untuk tidak memilih daging yang berlemak. Pasalnya, lemak akan memicu meningkatnya kadar kolesterol jahat, terutama mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi.

"Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara masaknya. Cara masaknya jangan ditambahkan lagi dengan lemak lain, seperti digoreng, dimasak dengan santan, gulai, atau opor," ujar dr Dian.

Ia menerangkan bahwa cara masak tersebut dapat menambah kadar lemak dalam tubuh. Ada baiknya olahan daging kambing atau sapi dipanggang atau direbus, sehingga tidak menambah kadar kolesterol dalam darah.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini