Terungkap, Anak Usia 4 Tahun Kerap Tak Siap Sekolah

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 11 September 2016 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 11 196 1486994 terungkap-anak-usia-4-tahun-kerap-tak-siap-sekolah-KdKYiWXy41.jpg Anak usia 4 tahun anak kerap tak siap sekolah (Foto: Stanfordedu)

SEBUAH penelitian baru mengungkapkan bahwa banyak anak usia empat tahun secara psikologi tidak siap secara fisik untuk memulai sekolah. Hal ini karena sekolah dilihat menghambat mobilitas anak-anak.

Para spesialis anak usia awal yang memantau anak-anak usia sekolah menemukan sejumlah masalah keseimbangan dan koordinasi lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini pun pada akhirnya memengaruhi kemampuan mereka untuk belajar di kelas.

Para peneliti dari Universitas Loughborough mengatakan, kenaikan jumlah tersebut sebagian merupakan akibat dari kekurangaktifan anak-anak modern di tahun-tahun awal mereka dibandingkan dengan generasi dekade sebelumnya.

Tes menemukan, sepertiga masalah yang menjadi perhatian berada pada kurangnya keterampilan motorik dan reflex anak. Hampir 90 persen anak-anak menunjukkan beberapa tingkat kesulitan gerakan yang seharusnya bisa dilakukan anak seusia mereka.

Tes juga menunjukkan hingga 30 persen dari anak-anak mulai sekolah dengan gejala yang biasanya terkait dengan kondisi disleksia, dyspraxia, dan ADHD yang dapat diperbaiki meningkatkan aktivitas fisik, kata ahli, seperti dikutip dari Timesofindia, Minggu (11/9/2016).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini