nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kondisi Kesehatan Diketahui dari Kotoran Telinga

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 12 September 2016 20:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 12 481 1487608 kondisi-kesehatan-diketahui-dari-kotoran-telinga-MQFgVYD0gk.jpg Kotoran kuping (Foto: Womenshealthmag)

SEGALA bentuk sekresi yang keluar dari tubuh bisa membawa pesan terkait kondisi tubuh Anda, tak terkecuali kotoran telinga. Lebih dari sekedar kotoran, cairan lengket yang keluar dari telinga Anda bisa menjadi sinyal kondisi kesehatan tertentu.

Meski tidak sejelas cairan yang keluar dari saluran napas atau tenggorokkan Anda, bentuk dan aroma kotoran yang keluar dari telinga Anda bisa menunjukkan arti sebagai berikut ini.

Berair dan kehijauan

Ketika Anda berkeringat, cairan tersebut dapat bocor ke dalam telinga Anda dan bercampur dengan lilin telinga. Tapi jika bukan keringat masalahnya, kotoran telinga yang encer dan berwarna kehijauan atau kuning gelap bisa menunjukkan infeksi telinga.

Berbau tajam

Anda mungkin memiliki infeksi atau kerusakan di bagian tengah telinga. Ini dapat menyebabkan sejumlah gejala yang dokter biasa sebut sebagai "otitis media kronis". Salah satu gejala tersebut adalah keluarnya cairan berbau dari telinga, dering di telinga, telinga terasa penuh, sampai kurangnya keseimbangan tubuh.

Kotoran telinga mengalir

Infeksi atau robekan di dalam gendang telinga Anda dapat menyebabkan pembentukan pertumbuhan kulit yang tidak normal yang disebut "kolesteatoma". "Ini semacam struktur kista yang mengisi liang telinga. Kondisi ini bisa juga diikuti dengan rasa sakit.

Tidak ada kotoran sama sekali

Jika telinga Anda tidak memiliki kotoran telinga sama sekali, ada kemungkinan kecil Anda memiliki kondisi langka yang disebut "keratitis obturans". "Alih-alih keluar secara bertahap sendiri, lilin telinga justru menumpuk di dalam sampai sulit dikeluarkan. Jika Anda alami ini, rasa sakit akan membuat tidak nyaman. Seperti yang dilansir dari Womenshealtmag, Senin (12/9/2016).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini