nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wijen Hitam Sedang Jadi Tren Dessert di Asia

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 14 September 2016 21:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 14 298 1489471 wijen-hitam-sedang-jadi-tren-dessert-di-asia-aZSVjZ7SN1.jpg Wijen hitam jadi tren dessert asia (Foto: Chinasichuanfood)

DEWASA ini makanan serba hitam tengah jadi perhatian dalam industri kuliner dunia. Tidak hanya soal warnanya yang nyentrik dan menarik, tapi khasiat yang didapat dari bahan perwarna hitam tersebut, dinilai punya manfaat positif bagi kesehatan.

Sebut saja bubuk arang aktif, tinta cumi sampai wijen hitam yang kini sedang jadi tren dessert di Asia.

"Black sesame (wijen hitam-Red) sedang jadi tren dessert di Asia. Dan sepertinya wijen hitam juga cocok dengan lidah Indonesia," ucap Edward Teonadi, Senior R&D Manager Maxx Coffee Indonesia di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Sejatinya wijen hitam bukan lagi hal umum bagi lidah masyarakat Tanah Air. Tekstur dan bentuknya hampir sama seperti wijen biasa, namun warnanya hitam dan punya segudang manfaat kesehatan.

Mulai dari mengatasi hipertensi, melancarkan sistem pencernaan, kesehatan kulit sampai zat anti-kanker terkandung di dalamnya. Seiring dengan perubahan pola hidup sehat yang tengah digemari banyak masyarakat urban di Asia.

Wijen hitam kerap diolah menjadi berbagai sajian lezat. Termasuk makanan ringan, hidangan penutup, sampai minuman latte wijen hitam.

"Kalau dessert dengan wijen hitam banyak tersedia di Asia ya. Contohnya di Jepang ada mochi wijen hitam dan masih banyak lagi negara lain seperti Singapura, Hong Kong, China dimana wijen hitam lagi jadi tren," ungkapnya.

Dari segi rasa, wijen hitam juga cukup unik. Pasalnya jika diolah menjadi berbagai hidangan penutup, wijen hitam dapat memberi rasa dan aroma yang khas.

"Wijen hitam sepertinya mudah diterima di Indonesia. Karena rasanya cukup familiar dan ada sensasi seperti peanut butter (selai kacang-Red)," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini