nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Remaja Mulai Berpacaran? Beri Nasihat Ini

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Jum'at 16 September 2016 06:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 15 196 1490017 anak-remaja-mulai-berpacaran-beri-nasihat-ini-4nFHzMOTcx.jpg Ilustrasi anak remaja (Foto: Teensandtaxes)

SEMAKIN banyak saja remaja yang tak terkontrol dan mengumbar kemesraan di media sosial. Seperti yang dilakukan oleh pasangan yang viral di media sosial Instagram, Rachel Vennya dan Niko Al-Hakim.

Mereka berdua berhasil membuat netizen khususnya remaja terbawa perasaan alias 'baper' karena ingin memiliki hubungan seperti mereka yang mesra bahkan sampai berlibur berduaan saja.

Menurut beberapa psikolog, untuk hasrat memadu kekasih pada usia remaja memang wajar, namun tentu ada batasannya dan harus ada pengawasan orangtua. Lantas, bagaimana seharusnya orangtua memberikan nasihat kepada anak remaja yang ingin berpacaran?

Menurut psikolog senior Rose Mini, merasa khawatir ketika anak sudah memiliki hubungan dengan lawan jenis tak ada gunanya. Yang benar adalah sedari kecil anak sudah diajarkan atau dikenalkan mana yang baik dan yang buruk.

“Rambu-rambu untuk batasan berpacaran tak bisa ditanamkan pada anak saat mulai pacaran. Jadi, orang yang seperti ini baik dan yang itu buruk bagi mereka harus diperkenalkan sedari kecil,” tegas Rose Mini kepada Okezone baru-baru ini.

Selain itu, dari orangtua juga harus mencontohkan bagaimana anak harus memilih teman atau pasangan, “Tunjukkan ke anak dari kecil hal-hal seperti rajin beribadah dan bagaimana berkasih sayang yang berlimpah pada pasangan dan anak nantinya itu akan terbawa sampai dewasa bahwa mencari pasangan yang ideal harus seperti yang ditunjukkan oleh orangtuanya.”

(vin)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini