Segudang Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 15 September 2016 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 15 481 1489770 segudang-manfaat-cengkeh-untuk-kesehatan-OW3BIt9qJv.jpg Cengkeh berikan banyak manfaat kesehatan (Foto: Mnn)

MUNGKIN Anda berpikir cengkeh hanya dapat digunakan sebagai bahan memasak. Tetapi, ternyata rempah-rempah ini juga memberikan segudang manfaat untuk kesehatan Anda.

Cengkeh dapat meredakan sakit gigi, mengurangi peradangan, membantu mengontrol gula darah dan membuat pencernaan sehat. Bahan ajaib di cengkeh adalah eugenol, yaitu minyak aromatik yang mengandung sifat antibakteri untuk melawan infeksi.

Minyak aromatik tersebut dapat ditemukan di tunas, daun dan batang bunga cengkeh yang tumbuh di Indonesia, Sri Langka dan India. Pun ternyata, cengkeh memiliki sejarah panjang, baik dalam bagaimana kita menggunakannya untuk memasak maupun membantu menjaga kesehatan.

"Secara historis, tunas cengkeh digunakan di Tiongkok. Pejabat Tiongkok mengunyah tunas cengkeh, sehingga napas mereka tidak menyinggung kaisar," kata ahli gizi klinis di Winchester Virginia, Joelle Cafaro, dikutip dari Mnn, Kamis (15/8/2016).

Kini, minyak cengkeh umumnya ditemukan dalam formulasi herbal yang membantu melawan flu, menjaga bakteri usus dan membersihkan perut. "Cengkeh juga menjadi bahan utama obat kumur dalam kedokteran gigi selama lebih dari abad untuk menjaga gusi tetap sehat," tambahnya.

Lebih lanjut, pelatih kebugaran dan penulis buku "Eat Pretty, Jolene Hart, mengungkapnya, eugenol juga dapat membantu meringankan gangguan pencernaan dan kembung. Bahkan, menurutnya, cengkeh juga mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat berharga untuk kesehatan secara keseluruhan.

"Namun, seperti banyak makanan yang memiliki sifat obat, lebih banyak tidak selalu lebih baik. Cengkeh memiliki rasa dan manfaat yang kuat, jadi gunakan dengan cermat. Untuk alasan keamanan, minyak cengkeh harus diencerkan, baik dengan minyak zaitun atau air suling sebelum digunakan, karena kekhawatiran akan toksisitas," jelasnya.

Selain itu, Hart mengimbau, ada beberapa orang yang seharusnya tidak menggunakan apa pun yang mengandung cengkeh. Misalnya, penderita mag dan wanita hamil.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini