nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Project Beauty With a Purpose Natasha Mannuela di Ajang Miss World 2016

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 16 September 2016 21:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 16 194 1491394 5-project-beauty-with-a-purpose-natasha-mannuela-di-ajang-miss-world-2016-qOvpzLUq3Q.jpg Natasha Mannuela dengan proyek Beauty with Purpose (foto: instagram)

SAAT mengikuti ajang Miss World 2016, Natasha Mannuela wajib memiliki project Beauty With a Purpose. Kali ini dia memilih membina keluarga pemulung di kawasan Bantar Gebang, Bekasi dengan berbagai kegiatan sosial.

Wanita yang akrab disapa Acha itu menjelaskan lima kegiatan Beauty With a Purpose yang dijalankan saat ini. Berikut pemaparannya yang dirangkum Okezone beberapa waktu lalu.

Mengajari anak-anak pemulung di sekolah alam

Natasha Mannuela mengajarkan anak-anak pemulung agar punya cita-cita setinggi langit melalui dream book. Mereka belajar cuma-cuma di Sekolah Alam Tunas Mulia yang lokasinya tepat di belakang gunung sampah.

"Saya melakukan pendekatan pada anak-anak di sini. Karena mereka orangtuanya pemulung, kenapa tidak kalau punya cita-cita," ucap Acha di lokasi pembuatan kolam lele.

Tidak hanya itu, Acha juga mengajarkan anak-anak sekitar agar lancar berbicara bahasa inggris dengan suasana menyenangkan.

Mengajari anak-anak Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)

Tinggal di wilayah gunung sampah, membuat kualitas hidup anak-anak sekitar tidak sehat. Maka, Acha dengan senang hati mengajarkan anak-anak untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun.

"Saya kan melihat anak-anak di sini sehabis memulung sampah, jajan langsung makan. Tangannya kan penuh bakteri dan kuman, makanya saya ajarkan mereka cuci tangan pakai sabun," tuturnya.

Tidak cukup itu, Acha juga mengajarkan warga sekitar untuk menggunakan penutup hidung saat berkegiatan di tempat pembuangan sampah akhir. Mengingat, sampah merupakan sumber penyakit yang bisa mengancam kesehatan paru-paru.

Membuat usaha abon lele

Miss Indonesia 2016 dari Bangka Belitung ini mengajarkan ibu-ibu sekitar kawasan gunung sampah untuk membuat abon lele. Kemudian, abon lele itu dijual di pasar untuk menambah penghasilan.

Kedepannya Acha juga bercita-cita untuk membesarkan usaha abon lele tersebut. Dia mengaku rela membantu keluarga pemulung di Bantar Gebang, Bekasi dengan tulus bagaimanapun cara dan situasinya.

Membangun kolam lele

Sementara ibu-ibu membuat kolam lele, Acha juga berinisiatif untik membangun kolam lele. Kolam ini dibangun untuk bapak-bapak yang tinggal di sana.

"Berkesinambungan dengan membuat abon lele, untuk bapak-bapaknya bangun kolam lele. Ini bisa jadi modal utama agar usahanya tidak rugi besar. Daripada lelenya beli di luar, mending panen sendiri," tambahnya.


Renovasi sekolah

Agar anak-anak pemulung nyaman belajar, Acha juga berniat untuk merenovasi sekolah alam di belakang gunung sampah. Sebelum berangkat ke Washington DC mengikuti ajang Miss World 2016 pada akhir November nanti, dia akan menuntaskan project Beauty With a Purpose yang sudah ada di benaknya itu.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini