nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Siap Sekolah, Anak Hadapi Kesulitan Ini

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 16 September 2016 23:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 16 196 1491472 tidak-siap-sekolah-anak-hadapi-kesulitan-ini-JvCeDwjAhA.jpg Paksa anak untuk sekolah (Foto: Sciendaily)

TIDAK ada yang lebih tahu perkembangan seorang anak, kecuali orangtuanya sendiri. Walau ada beberapa standar yang ditetapkan tetang perkembangan anak, tapi ada baiknya orangtua menyikapi dengan bijak.

Contoh yang kerap kali membuat orangtua memaksakan sesuatu pada anak adalah sekolah. Misalnya, usia anak sudah waktunya masuk sekolah, tetapi secara perkembangan mereka belum mampuni. Sehingga orangtua menyekolahkan anak dalam keadaan tidak siap.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Nasional Indonesia (PAUDNI), Dra Hj Uripasih, M. Pd., mengatakan anak-anak yang secara perkembangan belum siap sekolah akan mengalami kesulitan belajar.

“Mereka manja di sekolah, ogah-ogahan di kelas, dan tidak bisa mengikuti kegiatan belajar dengan optimal,” jelas Urip kepada Okezone.

Untuk itu, sebelum memasukan anak sekolah pastikan anak punya keinginan dari diri sendiri. Lihat pula kemampuan yang mereka sudah bisa untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah.

“Kesulitan lain adalah dalam hal bersosialisasi. Mereka malas bergaul dan lebih suka menyendiri. Di kelas anak mau tidur atau main-main saja. Jadi si kecil tidak konsentrasi terhadap apa yang diterangkan oleh guru,” katanya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini