nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akibat Paksakan Anak Sekolah Terlalu Dini

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 16 September 2016 23:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 16 196 1491473 akibat-paksakan-anak-sekolah-terlalu-dini-bnTqyfjZHy.jpg Akibat paksakan anak sekolah (Foto: Independent)

BANYAK orangtua berlomba-lomba memasukan anaknya sekolah lebih awal. Tujuannya agar anak lebih cepat pintar, terampil menulis dan membaca sebelum anak lain bisa.

Misalnya sekolah SD pada usia lima tahun atau masuk masuk TK A pada usia tiga tahun. Ternyata kehenda orangtua tersebut berdampak buruk bagi anak. Hal itu dituturkan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Nasional Indonesia (PAUDNI), Dra Hj Uripasih, M. Pd., saat dihubungi Okezone, Jumat (16/9/2016).

“Kalau dipaksakan anak belajarnya menjadi kurang bagus. Karena mereka tidak siap secara mental, usia, dan kemapuan lain yang dibutuhkan untuk masuk sekolah,” ungkap Urip.

Dampak berikutnya adalah anak akan mengalami masa kejenuhan. Ketika disekolah anak-anak tidak menikmati suasana belajar, bermain dengan teman, dan berinteraksi dengan guru. Selain itu dia menjadi bosan di kelas.

“Maka, biarkan anak melewati masa perkembangan sewajarnya. Walau ada standar pertumbuhan anak, tetapi di lapangan perkembangan anak berbeda-beda. Misalnya, pengaruh pola asuh, tontonan, dan lingkungan, dan nutrisi,” bebernya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini