4 Kesalahan Patut Dihindari saat Membuat Sup

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 16 September 2016 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 16 298 1490704 4-kesalahan-patut-dihindari-saat-membuat-sup-EHWl7UPi7U.jpg Kesalahan harus dihindari saat membuat sup (Foto: Istockcom)

SUP merupakan hidangan yang mudah dibuat, meskipun berbagai varian sup diolah menggunakan bahan berbeda. Tidak ada teknik rumit dalam proses pembuatan sup tapi kadang ada beberapa orang yang masih saja salah dalam membuatnya.

Terlalu kental, terlalu cair, terlalu asin atau hambar adalah keluhan yang kerap terlontar ketika sup salah penanganan. Dilansir dari Blogher, Jumat (16/9/2016), berikut empat kesalahan yang umum terjadi ketika membuat sup.

Bergantung pada kaldu

Biasanya orang membuat sup identik dengan menambahkan kaldu, memang ini jadi kunci utama tapi jangan berpikir jika sup tidak akan lezat jika tidak diolah menggunakan kaldu. Padahal sebenarnya sup bisa menghasilkan rasa yang enak dan lezat bahkan jika diolah hanya menggunakan air. Bahan dalam sup akan mengeluarkan rasa alami yang membuat air terasa lebih gurih.

Membiarkannya mendidih terus-menerus

Istilah mendidih berbeda dengan hampir mendidih. Mendidih akan membuat daging dan sayuran kering dan menjadi terlalu matang. Sementara hampir mendidih adalah kondisi dimana air baru bergelembung tanda akan mendidih. Jangan masak sup terus menerus dalam keadaan mendidih. Sebaiknya sup dimasak perlahan dengan api kecil, cara ini membuat bumbu meresap ke dalam daging dan mematangkan sayur dengan perlahan.

Tidak memerhatikan penambahan garam

Sup yang lezat memiliki rasa pas, tidak terlalu asin dan tidak hambar. Tambahkan garam secara bertahap sedikit demi sedikit agar didapatkan rasa asin yang pas. Faktor kesabaran sangat diperlukan di sini pasalnya jangan sampai sup Anda terlalu asin karena rasanya akan kacau. Demikian juga dalam penambahan bumbu, jangan terlalu banyak namun juga jangan pelit bumbu.

Membiarkan sayuran terlalu matang

Sayuran akan terasa pas kematangannya saat masih berwarna cerah dan bertekstur padat. Jangan sampai memasak sup terlalu matang pasalnya sayuran akan menjadi over cooked dan menjadi terlalu lunak. Siapa yang mau menyantap sayuran lembek?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini