nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siram Air ke Luka Bakar Tidak Sebabkan Melepuh

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 18 September 2016 19:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 18 481 1492138 siram-air-ke-luka-bakar-tidak-sebabkan-melepuh-0M8FIvxWBp.jpg Obati luka bakar dengan air mengalir (Foto: Webmd)

LUKA bakar kerap alami komplikasi yang membuatnya melepuh dan berisi cairan. Masih banyak masyarakat yang meyakini bahwa lepuhan tersebut akibat air yang masuk ketika luka disiram dengan air. Padahal bukan demikian faktanya.

Disampaikan dr Lelitasari, praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life, lepuhan berair itu muncul karena cairan dari dalam tubuh yang terjebak di kulit terbakar, bukan karena air yang masuk saat menyiram luka bakar pada pertolongan pertama.

“Kulit kita melindungi 60 persen dari total cairan tubuh. Ketika kulit terbakar, cairan di kulit dapat terjebak dan membentuk lepuhan,” tutur dr Lelitasari, dalam seminar media menyambut Hari P3K Sedunia, pekan ini, di Jakarta.

Membiarkan luka bakar di bawah air mengalir atau meletakkan kain basah adalah tindakan yang tepat untuk menenangkan cedera bakar. Proses mendinginkan penting untuk mencegah luka bakar semakin dalam.

“Jadi, luka bakar baiknya segera disiram atau dibiarkan dialiri air mengalir supaya ada pendinginan yang mencegah luka bertambah dalam. Kalau mau lebih baik, bisa kasih obat luka bakar apa saja atau segera ke dokter agar diberi obat oral bila perlu,” tambahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini