Ini yang Terjadi jika Pori-Pori Wajah Tersumbat

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Senin 19 September 2016 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 19 194 1492835 ini-yang-terjadi-jika-pori-pori-wajah-tersumbat-XGQZ1gRZ5R.jpg Atasi pori-pori tersumbat (Foto: Cosmopolitan)

ADA jutaan pori-pori pada kulit Anda dan masing-masing memiliki folikel rambut yang berlimpah.

Folikel bisa diibaratkan menjadi cerobong asap dan pori-pori kulit Anda menjadi pembukaannya. Sel-sel kulit mati setiap hari berada di dalam folikel dan kelenjar sebaceous juga memproduksi banyak minyak yang disebut sebum.

Sebum merupakan campuran protein, lemak, kolesterol dan garam anorganik. Campuran ini berjalan melalui folikel dan keluar melalui pori-pori. Hal itu membuat sel-sel kulit mati di wajah.

Kemudian, keringat yang dikeluarkan dari kelenjar keringat dari kulit Anda dapat mengering dan meninggalkan garam yang dapat menyumbat pori-pori Anda.

Campuran sel kulit mati dan kulit kering, serta minyak dapat menjadi lapisan yang mampu melindungi kulit Anda dari bakteri, angin dan hujan.

Namun, terlalu banyak sel kulit mati dan minyak dapat menyumbat pori-pori. Nah, apa yang terjadi jika pori-pori di wajah Anda tersumbat?

Jika pori-pori Anda tersumbat, maka kulit tidak dapat "bernapas". Aliran oksigen dan karbon dioksida akan terhalang masuk dan keluar dari dalam kulit. Kadar minyak berlebih dalam kulit pun tidak dapat terbuang.

Kemudian keseimbangan pH kulit terganggu dan kulit Anda tidak mampu menyerap kelembaban. Hal ini menyebabkan jerawat, komedo, dan bisul.

Pori-pori kulit yang tersumbat juga merupakan akumulasi kotoran, jika tidak dibersihkan, bakteri akan segera masuk ke dalam kulit Anda dan dapat menyebabkan peradangan. Demikian seperti dilansir Slickwellness, Senin (19/9/2016).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini