Suami Terjebak Perselingkuhan, Haruskah Istri Memaafkannya?

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 20 September 2016 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 20 196 1493880 suami-terjebak-perselingkuhan-haruskah-istri-memaafkannya-RYl4NMflbd.jpg Suami terjebak perselingkuhan (Foto: Shutterstock)

PRIA dengan pekerja seks komersial memang tak ada habisnya, hal ini disinyalir karena memang ada permintaan dan juga pemenuhan. Pria yang menginginkannya selalu mempunyai jalan karena ada PSK yang memenuhinya.

Lantas, bagaimana seharusnya seorang istri menyikapi hal ini? Bagaimana bila tiba-tiba mendapati suami tengah mencari kenikmatan lain dengan PSK? Apa yang harus dilakukan? Apakah harus dimaafkan? Berikut saran dari psikolog dari Universitas Indonesia, Rose Mini kepada Okezone, belum lama ini.

“Nah pertama-tama harus dipertanyakan, bagaimana hubungan suami istrinya. Kalau disuruh memaafkan susah ya terkadang wanita, karena ini bisa jadi menyakitkan. Jadi, benar-benar lihat penyebabnya, masih mungkinkah untuk berlanjut, masih ada rasa cinta tidak, yang jelas kalau ada masalah itu introspeksi masing-masing, menyalahkan orang itu gampang, tapi liat dulu ada andil dari istrinya enggak.”

Bila jawabannya ingin memaafkan, maka Rose Mini menyarankan untuk benar-benar memaafkan bahkan memaafkan karena Tuhan.

“Biasanya kalau mau dimaafkan, mungkin saja memaafkan tapi harus ikhlas dan karena Tuhan, kan yang penting hubungannya dengan Tuhan, apa yang harus dilakukan demi Tuhan itu juga tujuan dari menikah, namun juga individu harus menata diri. Kalau ingin dimulai dari nol maka bersedia dimulai dari nol. Harus ada komitmen.”

Wanita yang hangat disapa bunda ini juga menambahkan, memang ada potensi bagi pria untuk kembali mengulangi kesalahan yang sama. Namun ini bisa dihentikan, “Kalau dia belum disembuhkan secara tanda kutip kemungkinan bisa terjadi lagi, misalnya hubungan suami istrinya hambar tak ada perubahan, suami bisa ‘jajan’ lagi di luar.”

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini