nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebiasaan Buruk Menggeretak saat Tidur Dapat Merusak Gigi

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Selasa 20 September 2016 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 20 481 1493698 kebiasaan-buruk-menggeretak-saat-tidur-dapat-merusak-gigi-riYj9MilTN.jpg Ilustrasi (Foto: Medscape)

BEBERAPA orang memiliki kebiasaan memilih sikat bulu gigi yang kuat, semakin baik untuk membersihkan gigi. Namun untuk orang dewasa yang lebih tua menggunakan sikat gigi dengan bulu yang terlalu kuat dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan gigi sensitif.

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi untuk mengetahui jenis sikat gigi yang baik dan menjaga kesehatan gigi.

Anda juga disarankan melakukan kebiasaan untuk menyikat gigi dua kali sehari, dan pastikan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali.

Kebiasaan membersihkan gigi dengan benang gigi juga dapat dilakukan setiap hari. Jika Anda tidak yakin jika benang gigi yang digunakan benar, meminta dokter gigi atau ahli kesehatan untuk mendemonstrasikannya pada kunjungan berikutnya.

Selain itu, bilasan antiseptik membantu juga menyingkirkan bakteri yang menyebabkan penyakit gusi dan bau mulut. Bilasan mengandung fluoride membantu mencegah kerusakan gigi. Dokter gigi merekomendasikan berkumur sekali atau dua kali sehari.

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan buruk menggeretakan gigi saat tidur di malam hari meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Dokter gigi Anda mungkin menyarankan memakai penjaga mulut untuk mencegah menggeretakan gigi di malam hari. Model kustom yang dibuat oleh dokter gigi Anda umumnya lebih cocok dan bekerja lebih baik.

Kadang-kadang, hal ini hanya membantu untuk menyadari bahwa memiliki kebiasaan menggeretakan gigi saat tidur. Tapi, jika Anda suka menggeretakan gigi saat sedang cemas dan stres pertimbangkan program latihan atau konseling. Demikian seperti dilansir Webmd, Selasa (20/9/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini