5 Tips Sehat yang Bisa Mengubah Hidup Anda

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 21 September 2016 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 20 481 1493992 5-tips-sehat-yang-bisa-mengubah-hidup-anda-hsl2MM5E4G.jpg Ilustrasi (Foto: Fitzop)

JIKA Anda merasa ingin mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, mulailah dari hal-hal terkecil terkait kesehatan Anda. Jadi tidak harus tentang mencari metode diet atau mendaftar ke gym untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Cukup melakukan beberapa perubahan kecil berikut, hidup Anda akan lebih baik.

Bergerak, bahkan hanya 10 menit tanpa henti

Memang ada banyak program latihan di luar sana yang menjanjikan transformasi tubuh yang luar biasa dalam waktu singkat. Jika Anda tidak menyukai tantangan yang ekstrim, mulailah dengan berjalan kaki untuk melatih kardiovaskular tanpa membebani persendian seperti saat berlari.

Bahkan, 10 menit berjalan kaki bisa meningkatkan stamina dan metabolisme. Tidak perlu di luar, treadmill di dalam ruangan dapat dimanfaatkan untuk melatih kekuatan otot.

Cukup minum air

Minum air cukup sangat penting untuk kesehatan, terutama pencernaan dan melindungi kesehatan sendi. Minum air cukup juga membantu membuang racun dalam tubuh Anda. Memenuhi kebutuhan cairan dari buah atau jus, dengan sedikit gula (kalori), juga bisa membantu.

Jangan takut terkena sinar matahari

Berkeliaran di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat, salah satu yang utama adalah membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang penting untuk membangun dan memelihara tulang kuat dan sehat.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kanker tertentu, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes dan depresi. Dilansir dari Timesofindia, Rabu (21/9/2016), kemampuan vitamin D menyerap kalsium mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakhitis.

Istirahat cukup dan berelaksasi

Jangan pernah meremehkan pentingnya tidur malam yang baik! Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, depresi, dan kecemasan. Bahkan kurang tidur beberapa malam saja bisa mempengaruhi suasana hati dan ingatan. Kalau sudah kronis, depresi dan penyakit jantung juga bisa menghantui.

Anda mungkin tergoda untuk begadang atau memecahkan masalah dengan begadang semalaman. Padahal solusi akan mudah hadir setelah Anda beristirahat cukup di malam hari.

Makan makanan alami

Buah-buahan segar dan sayuran, protein tanpa lemak seperti dalam susu, dan makanan biji-bijian yang sehat (seperti nasi merah atau gandum) harus menjadi prioritas dalam daftar belanjaan Anda. Selain itu, pastikan Anda membaca label pada kemasan makanan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini