Ya Ampun, Ternyata Kimchi Berasal dari Jepang

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 21 September 2016 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 21 298 1494558 ya-ampun-ternyata-kimchi-berasal-dari-jepang-uoLj9NjuJP.jpg Kimchi ternyata berasal dari Jepang (Foto: Chowhound)

PERTUKARAN budaya antar negara sering terjadi, apalagi saat kedua kebudayaan saling bertemu dalam satu tempat. Demikian juga dalam hal kuliner. Siapa yang menyangka kalau kimchi yang terkenal sebagai makanan Korea ternyata aslinya dari Jepang.

Letak geografis yang berdekatan antara Jepang dan Korea memungkinkan terjadinya pertukaran budaya antara keduanya. Dikatakan Chef Sahasi Hideki, Executive Chef Kintan Buffet mengatakan aslinya kimchi dari Jepang. "Kenapa disini ada kimchi padahal ini resto Jepang. Sejarahnya kimchi memang dari Jepang," kata pria yang akrab disapa Chef Hide ini.

Chef Hide juga mengatakan tidak hanya kimchi, ada beberapa makanan yang juga hadir sebagai hasil resapan budaya. "Yakiniku dan korean barbekyu hampir mirip. Itu juga hasil resapan budaya" lanjut Chef Hide.

Kimchi adalah olahan fermentasi sawi ini sangat populer di seluruh dunia, apalagi di Korea. Masyarakat korea menjadikan kimchi sebagai makanan khas yang seolah wajib tersaji di meja makan. Kini dapat dipastikan setiap restoran Korea dimanapun pasti menyajikan kimchi sebagai salah satu makanan khasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini