Cara Wanita Atasi Gejala Sindrom Polikistik

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 21 September 2016 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 21 481 1494719 cara-wanita-atasi-gejala-sindrom-polikistik-wlghwucpro.jpg Ilustrasi (Foto: Wisegeek)

SINDROM Polikistik (PCOS) adalah kelainan di mana hormon wanita tidak seimbang, antara lain karena kista kecil yang tumbuh di indung telur. Sindrom ini menyebabkan banyak gejala, termasuk kenaikan berat badan, jerawat, rambut rontok, siklus haid tidak teratur, dan masalah kemandulan.

"Tidak ada jawaban yang pasti tentang penyebab PCOS. Kondisi ini multifaktorial dan memiliki dampak psikososial yang signifikan bagi kaum hawa," kata Dr Anna Burattin, konsultan endokrinologi dan penyakit metabolik di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi.

Sindrom ini bisa dikatakan belum ada obatnya, namun masih dapat dikelola. Mereka dengan PCOS biasanya disarankan oleh dokter untuk melakukan perubahan gaya hidup tertentu yang dapat membantu mengurangi gejala. Berikut seperti dilansir dari Alarabiya, Rabu (21/9/2016).

Turunkan berat badan

Bila Anda memiliki PCOS, menurunkan 10 persen berat badan Anda saat ini dapat membantu meringankan beberapa gejala. Anda dapat meminta nasihat dari dokter atau ahli diet dan kebugaran tentang rencana latihan rutin dan gizi yang harus diterapkan dalam diet untuk turunkan berat badan.

Tidur cukup

Tidur cukup selama tujuh jam atau lebih sehari dapat membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi obat tertentu

Metformin, obat yang diresepkan untuk membantu membuat tubuh lebih sensitivitas terhadap insulin, mungkin dapat membantu Anda kembali subuh. Metformin dapat mengurangi tingkat hormon laki-laki yang bertanggung jawab sebabkan PCOS.

Berhenti merokok

Kebiasaan merokok atau paparan asap rokok jangka panjang dapat menghambat kesuburan.

Perawatan rambut

Perubahan gaya hidup seperti menghindari makanan yang diproses dan diawetkan, ditambah cukup tidur, dan minum banyak air dapat membantu. Pil KB dan anti-androgen akan menurunkan kadar androgen, dan ini bisa menjadi pilihan pertama untuk pengobatan hirsutisme, mengurangi pertumbuhan rambut berlebih di daerah yang tidak diinginkan.

Beralih ke alami

Suplemen alami dapat memainkan peran dalam perbaikan gejala PCOS. Beberapa contoh termasuk akar jelatang, teh hijau, teh spearmint, vitamin D, dan asam folat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini