nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Kesehatan Makan Menggunakan Tangan

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 22 September 2016 11:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 22 481 1495717 manfaat-kesehatan-makan-menggunakan-tangan-UYPkX13aZH.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

ZAMAN sekarang, kebanyakan orang makan menggunakan sendok dan garpu yang dirasakan lebih modern dan nyaman. Sementara makan dengan tangan ditinggalkan, cara tersebut punya manfaat kesehatan.

Setelah membaca beberapa penjelasan berikut, Anda mungkin mau berpikir ulang untuk makan dengan tangan (setelah cuci tangan tentunya). Berikut beberapa manfaat makan dengan tangan bagi kesehatan, seperti dilansir dari Zeenews, Kamis (22/9/2016).

Lebih mengkhayati makanan

Mengkhayati makanan bukan hanya berpikir untuk mensyukuri makanan. Makan seperti ini juga mendorong kita untuk lebih sadar akan sinyal kenyang setelah makan cukup, membantu mengasimilasi nutrisi tubuh, dan mempengaruhi sistem pencernaam secara positif.

Cegah mulut terbakar

Menggunakan alat makan yang dapat mengantarkan panas dapat membakar mulut kita. Ketika kita menggunakan tangan, kita akan tahu seberapa panas makanan sebelum menyentuh bibir atau mulut kita. Dengan demikian, bibir atau lidah kita tidak akan tersiksa.

Membantu pencernaan

Ketika kita menyentuh makanan dengan tangan, otak memberi sinyal ke lambung bahwa kita mau makan sehingga enzim dan cairan pencernaan yang membantu makanan dicerna dengan baik.

Bacteria

Ada jenis bakteri tertentu dalam tubuh yang membantu kita terhindar dari bakteri berbahaya di lingkungan. Saat kita makan dengan tangan, keanekaragaman bakteri akan terjaga. Namun, pastikan Anda mencuci tangan sebelum makan untuk memastikan tidak ada bakteri patogen (sebabkan sakit) yang masuk ke dalam tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini