Share

Meditasi Bantu Penderita Asma Mengontrol Sesak Napas

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Rabu 28 September 2016 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 481 1500271 meditasi-bantu-penderita-asma-mengontrol-sesak-napas-IHx4ljfkZE.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

MELAKUKAN meditasi sedikitnya 10 menit setiap hari dapat membantu Anda mengontrol stres, mengurangi kecemasan, meningkatkan kesehatan jantung, dan relaksasi.

Seorang pasien baru-baru ini bertanya apakah meditasi selain menghilangkan stres juga dapat mengobati sesak napas pada penderita asma?

Tidak ada keraguan bahwa asma bisa diakibatkan karena stres. Dan ternyata meditasi dapat membantu Anda mengontrol asma.

Stres adalah pemicu potensial terjadinya peradangan, bagian dari patofisiologi asma untuk para pasien kronis. Tidak mengherankan, pasien dengan penyakit yang dihasilkan dari peradangan akan sering mencari metode untuk mengurangi stres sebagai pengobatan tambahan.

Teknik kesadaran untuk mendorong keterbukaan dan penerimaan yang telah dianjurkan sebagai cara untuk mengurangi stres. Mengingat peradangan dan asma, dapat dikontrol dengan melakukan program meditasi dengan teknik yang benar dan efektif.

Dalam satu penelitian yang membandingkan 8 minggu Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) dengan melakukan intervensi kepada kelompok yang diuji. Hasilnya kelompok MBSR mengalami sedikit peradangan setelah stres.

Hal ini menunjukkan bahwa intervensi yang menargetkan reaksi emosional mungkin efektif dalam mengurangi peradangan.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa intervensi yang dirancang untuk mengurangi reaktivitas emosional bermanfaat bagi pasien dengan kondisi inflamasi kronis, dan bahwa teknik ini mungkin lebih efektif untuk menghilangkan gejala inflamasi dari kegiatan lain yang mendukung kesehatan.

Ada sangat sedikit potensi efek samping meditasi, terutama bila dibandingkan dengan manfaat. Praktek ini juga dapat mengurangi biaya karena pasien dapat berlatih di rumah mereka sendiri setiap saat jika mereka perlu. Demikian seperti dilansir Verywell, Rabu (28/9/2016).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini