nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjajal Lezatnya Sup Mentimun, Olahan Sup yang Khas dari Bali

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 28 298 1500824 menjajal-lezatnya-sup-mentimun-olahan-sup-yang-khas-dari-bali-0Uggh1z5Jy.jpg Sup mentimun khas Bali (Foto: Devi/Okezone)

MENTIMUN biasanya ditemukan pada suguhan minuman atau pelengkap dalam lalapan tapi di Bali, mentimun jadi bahan baku pembuatan sup. Sayuran yang mengandung banyak air ini dicampurkan dengan bumbu sederhana namun rasanya tak bisa diremehkan.

Masyarakat Bali biasa menyebutnya sup timun, campuran di dalamnya tentu saja mentimun segar yang dipotong dadu kemudian dicampur ayam cincang, bumbu kuning khas Bali, santan serta irisan daun jeruk purut. Sayur timun ini memiliki beberapa versi karena tidak semua orang Bali mengolahnya dengan tambahan santan.

Ni Luh, perempuan asli Bali yang sekaligus pemandu wisata mengatakan sayur mentimun ini diolah dengan berbagai jenis. "Ada yang menggunakan santan, ada yang tanpa santan, ada yang pedas tapi ada juga yang hanya gurih," kata Ni Luh kepada Okezone.

Tapi yang menjadi ciri khas adalah penggunaan daun jeruk yang membuat sup terasa segar. "Daun jeruknya diiris halus jadi tidak kelihatan tapi terasa asam dan segarnya," lanjut perempuan ramah ini.

Ternyata proses membuat sup ini tidaklah sulit. Usai bumbu ditumis kemudian dimasukkan ayam dan dimasak hingga matang. Selanjutnya giliran air atau santan yang masuk, setelah mendidih, mentimun bisa langsung dimasukkan dan tidak perlu waktu lama untuk memasaknya.

Okezone mencicipi sup mentimun yang dihidangkan secara unik. Sup disajikan dalam mangkuk alami berupa buah kelapa tua yang dibelah dua. Sup mentimun paling pas disajikan bersama nasi putih dan sate lilit serta sambal kelapa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini