nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Membuka Rahasia Lezatnya Kuliner Bali

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 16:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 28 298 1500894 membuka-rahasia-lezatnya-kuliner-bali-Rw4IsnxnHY.jpg Kuliner Bali (Foto: Devi Setya Lestari/Okezone)

SATE lilit, ayam betutu atau sambal matah tak pernah luput dari incaran saat menyambangi pulau Dewata, Bali.

Semua makanan Bali bukan hanya memiliki rasa yang khas tapi juga kelezatan yang tak tertandingi, apalagi jika disantap di tempat asalnya.

Menyantap makanan Bali di pulau asalnya akan jauh berbeda dengan menyantap makanan Bali di kota lain, misalnya Jakarta.

Ada rasa yang jauh berbeda meski kadang komposisinya sam. Rahasianya ada di minyak yang digunakan.

Bu Arti salah satu masyarakat Bali yang ditemui Okezone mengatakan di Bali masyarakatnya tidak menggunakan minyak goreng dari kelapa sawit melainkan minyak kelapa yang dibuat sendiri.

"Enaknya masakan Bali itu tergantung bumbu dan minyaknya. Kami masak bukan pakai minyak sawit tapi minyak kelapa," kata Arti yang asli berdarah Bali.

Memang rasa makanan Bali saagat berbeda, lebih gurih dan tidak terlalu berminyak. Untuk membuat minyak kelapa, masyarakat merebus santan secara perlahan menggunakan bara kayu bakar hingga keluar minyaknya.

Minyak inilah yang kemudian diambil dan dijadikan bahan baku saat mengolah masakan. Setiap ibu di Bali memiliki aktifitas rutin ini. Stok minyak kelapa juga harus selalu tersedia di dapur orang Bali.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini