Efek Samping Pemberian Vaksin yang Ditakuti Pemilik Hewan Peliharaan

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Rabu 28 September 2016 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 481 1500670 efek-samping-pemberian-vaksin-yang-ditakuti-pemilik-hewan-peliharaan-ue0HACg2s2.jpg Ilustrasi (Foto: Thrfun)

IMUNISASI harus agak merangsang sistem kekebalan tubuh hewan dalam rangka menciptakan perlindungan dari penyakit menular tertentu, seperti rabies. Stimulasi ini dapat membuat gejala ringan, mulai dari nyeri di tempat injeksi untuk demam dan reaksi alergi.

Dilansir Aspca, Rabu (28/9/2016) ada efek samping lain yang kurang umum seperti tumor di tempat suntikan dan penyakit kekebalan terkait dengan vaksinasi. Mereka yang mengatakan, penting untuk menyadari bahwa vaksin telah menyelamatkan nyawa yang tak terhitung jumlahnya, dan memainkan peran penting dalam perang melawan penyakit infeksi.

Seperti halnya prosedur medis, ada kemungkinan kecil efek samping. Dalam kebanyakan kasus, risiko efek samping jauh lebih kecil dari risiko penyakit itu sendiri. Tetapi penting untuk berbicara dengan dokter hewan Anda tentang riwayat kesehatan hewan peliharaan sebelum divaksinasi.

Sebagian besar hewan peliharaan tidak menunjukkan efek samping, seperti sakit dari vaksinasi. Reaksi vaksin mungkin kecil dan berumur pendek atau memerlukan perawatan segera dari dokter hewan.

Tanda-tanda klinis meliputi, demam, kelesuan, kehilangan selera makan, pembengkakan dan atau gatal-gatal di bagian wajah, muntah, diare, nyeri, pembengkakan, kemerahan, bulu rontok di sekitar tempat suntikan, sulit bernafas, kejang dan pincang.

Cara terbaik adalah untuk menjadwalkan janji hewan peliharaan Anda sehingga Anda dapat memantau dia untuk efek samping setelah pemberian vaksin. Jika Anda menduga hewan peliharaan anda adalah memiliki reaksi terhadap vaksin, hubungi dokter hewan segera.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini