Menkes Minta Masyarakat Peduli Rabies

Dina Prihatini, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 481 1500799 menkes-minta-masyarakat-peduli-rabies-GxenHHR9dw.jpg Menkes minta masyarakat peduli Rabies (Foto: Kemenkes/Twitter)

BANYAKNYA kasus rabies yang diakibatkan oleh gigitan hewan anjing di beberapa bagian di Indonesia membuat keprihatinan Menkes Nila F Moeloek.

Dirinya mengakui di Indonesia sendiri, Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang terkena kasus rabies tertinggi setelah pulau Bali.

"Hal ini membuat keprihatinan kami makanya saya himbau kepada seluruh media untuk menginformasikan kepedulian masyarakat akan kasus rabies," ungkapnya saat memperingati Hari Rabies Sedunia di Hotel Mercure, Rabu (28/9/2016)

Menkes mengakui berbagai keluhan didua instansi yaitu Diswanak dan Dinkes terkait penanganan terjadi merata di Indonesia, meski demikan pihaknya terus berupaya mengantisipasi menanggulangi rabies pada 2020 mendatang.

"Terkait vaksin kami sebelumnya memang sempat mengalami kekurangan untuk distribusi seluruh Indonesia. Namun saat ini tiap daerah sudah dapat merata," jelasnya.

Sementara Gubernur Kalbar Cornelis mengaku terus berupaya mengantisipasi terutama di 9 Kabupaten yang terkena kasus rabies di Kalbar.

"Tahun 2016 ini menurun dan telah diupayakan pendistribusian ke tiap daerah untuk vaksin dapat disalurkan," katanya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini