nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia Fakta Cewek Berkumis

Agregasi Boykepedia, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 17:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 28 481 1501018 ini-dia-fakta-cewek-berkumis-1mq1CnpMee.jpg Cewek berkumis (Foto: Izismile)

ANGGAPAN atau mitos tentang wanita yang memiliki bulu lebat, dan bulu tipis di sekitar leher, atau berkumis tipis adalah ciri-ciri wanita yang mempunyai gairah seks yang tinggi adalah salah.

Sebenarnya bulu terbagi menjadi dua ada bulu vellus atau bulu halus yang berfungsi untuk menjaga suhu badan dan bulu terminal atau bulu kasar seperti rambut dikepala dan di betis para pria Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuhnya bulu-bulu halus pada wanita diantaranya:

Akibat Tingginya Kadar Androgen

dr. Boyke mengatakan salah satu penyebab cewek memiliki kumis atau bulu tipis adalah karena aktivitas kelenjar sebum sangat dipengaruhi hormon anderogen. Kerja kelenjar ini biasanya memuncak pada masa masa pubertas, sekitar 5-8% wanita usia produktif menderita hirsutism.

Hormon androgen merupakan hormon yang terdapat dalam tubuh semua manusia, baik pria maupun wanita. Namun pada pria memang menghasilkan kadar yang jauh lebih banyak daripada wanita, di mana perbandingannya adalah 1:10. Sehingga wanita harusnya hanya memproduksi kadar hormon androgen 10% dari kadar hormon androgen yang diproduksi oleh pria.

Pada kaum pria, hormon ini diproduksi di testis dan anak ginjal, sedangkan pada kaum wanita hanya diproduksi di anak ginjal saja. Pada wanita, hormon androgen berfungsi sebagai pembentuk estrogen yang memiliki peran dalam penghambatan mengeroposnya tulang, meningkatkan gairah dan juga dapat dijadikan sebagai penyeimbang perasaan.

Oleh karena itu, apabila seorang wanita memproduksi hormon androgen secara berlebihan, maka tak heran bahwa hormon ini akan mengeluarkan atau menumbuhkan hal-hal yang kurang wajar pada wanita tersebut, seperti tumbuhnya kumis dan jenggot.

Namun tidak perlu khawatir karena kumis yang tumbuh akibat kelebihan hormon ini cenderung tipis. Berbeda dengan penyebab wanita berkumis, karena adanya gangguan pada kesehatan yang bisa menumbuhkan kumis atau jenggot secara tebal tutur dr. Boyke

Tidak Seimbangnya Hormon

Ketidaksetaraan hormon yang dimiliki para wanita adalah salah satu faktor penyebab tumbuhnya rambut atau bulu-bulu halus pada wanita menyebabkan wanita memiliki bulu berlebih atau (hirsutism).

Dan hormon testosteron sendiri hanyalah sebagian kecil faktor yang mendorong meningkatnya libido atau gairah seks. dr. Boyke mengatakan masih banyak faktor lain yang memengaruhi tingkat libido seseorang. Jadi, tidak bisa dipastikan adanya hubungan linear antara bulu lebat dengan nafsu seks.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini