Terapi Sederhana untuk Atasi Nyeri Sinusitis

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 28 September 2016 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 481 1501125 terapi-sederhana-untuk-atasi-nyeri-sinusitis-lIopggt0gR.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

RADANG sinus atau yang disebut sinusitis bisa sangat mengganggu. Rasa nyeri karena lendir yang terjebak di dalam rongga sinus dapat diatasi dengan pemberian obat langsung atau dibantu dengan terapi sederhana.

Perubahan dan fluktuasi kondisi cuaca yang menyebabkan pilek berkepanjangan bisa memperparah sinusitis. Terapi sederhana berikut bisa dilakukan untuk membantu mengatasi keluhan sinusitis, seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (28/9/2016).

Pijat wajah

Pijat wajah dapat membantu mengurangi sumbatan hidung yang menyebabkan nyeri. Namun, Anda harus berhati-hati karena salah memijat justru bisa menarik masuk lendir ke rongga sinus.

Hirup uap panas

Ambil semangkuk air mendidih dan hirup uap panas. Ini akan membantu melonggarkan lendir dan membersihkan sumbatan dalam rongga sinus. Lakukan ini minimal dua kali dalam sehari jika Anda belum sempat mendapatkan bantuan medis.

Bilas hidung dengan air garam

Ini adalah terapi umum yang akan diberikan dokter untuk mengatasi sinusitis. Namun, Anda dapat membuatnya sendiri dengan membilas hidung dengan air garam untuk mengencerkan lendir.

Tambahkan dua sendok teh garam ke dalam air hangat. Alat yang disebut neti pot bisa Anda cari untuk memudahkan terapi ini. Neti pot yang telah diisi perlahan ditempatkan di salah satu lubang hidung dengan posisi kepala dimiringkan. Biarkan air masuk dan keluar dari lubang lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini