nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sssttt... Aslinya Tusukkan Sate Lilit Bukan dari Bambu Lho

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 29 September 2016 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 09 29 298 1501410 sssttt-aslinya-tusukkan-sate-lilit-bukan-dari-bambu-lho-XRrdQ5aVCr.jpg Sate lilit khas Bali (Foto: Mycookinghut)

SIAPAPUN yang pernah ke Bali pasti menyempatkan diri untuk mencicipi sate lilit. Berbeda dengan sate Madura atau sate Tegal yang bergagang kecil, sate lilit memiliki gagang yang berukuran besar. Gagang sate lilit ternyata bukan berbahan bambu seperti pada umumnya tusuk sate.

Dikatakan Arti, pemilik rumah makan masakan Bali, gagang sate lilit terbuat dari batang pelepah pohon kelapa. "Tusuknya ini bukan dari bambu tapi dari pelepah batang kelapa. Jadi di daun kelapa ada tulang pelepahnya, itu yang jadi tusuk sate lilit. Dipotong memanjang bentuknya juga besar," kata Arti kepada Okezone saat ditemui di Bali.

Pelepah daun kelapa ini digunakan sejak dulu karena di Bali daerah pesisir dan banyak terdapat pohon kelapa. "Di sini banyak pohon kelapa, awalnya sate lilit banyak dibuat di pesisir. Pohon kelapa berlimpah, daunnya juga banyak jadi kalau bentuknya besar tak akan menghabiskan batang kelapa," jelas Arti diselingi tawa.

Sate berbahan ikan laut ini jadi makanan kebanggaan masyarakat Bali setelah ayam betutu. Rasa yang gurih membuat sate lilit banyak disukai orang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini