Gejala Tumor yang Tak Boleh Anda Abaikan

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 29 September 2016 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 481 1502143 gejala-tumor-yang-tak-boleh-anda-abaikan-mp3QoQAuSE.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

SAKIT kepala yang parah adalah gejala umum tumor otak. Gejala ini sebaiknya tidak diabaikan atau diatasi dengan hanya membeli obat-obatan tanpa resep. Memeriksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan pemindaian akan bisa membantu mencegah perbutukan.

Robert Martuza, MD, kepala bedah saraf di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan bahwa seiring perkembangan tumor, tekanan dapat terjadi di otak dan menimbulkan rasa nyeri.

“Sakit kepala juga bisa dirasakan jika tumor terbentuk pada selaput otak, yang merupakan daerah dengan banyak serabut saraf,” kata Martuza, dikutip dari Dailymail, Kamis (29/9/2016). Namun, memang tidak semua rasa sakit kepala adalah tanda Anda memiliki tumor.

Perbedaan antara sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak dan sakit kepala biasa adalah bentuk rasa sakit yang parah dan berkelanjutan. "Sakit kepala karena tumor biasanya akan terasa berbeda dari sakit kepala yang pernah Anda rasakan sebelumnya," katanya.

Sakit kepala terkait tumor otak sering kali lebih intens di pagi hari atau di malam hari, karena otak Anda mengalami peningkatan tekanan saat Anda tidur, kata Manmeet Ahluwalia, MD, neuro-onkologi di Klinik Cleveland.

Sakit kepala yang disebabkan oleh tumor otak juga bisa lebih buruk ketika Anda membungkuk, batuk, bersin, atau kotoran. Perbedaan lainnya adalah sering disertainya gejala kejang, kehilangan kontrol pada salah satu sisi tubuh, atau gangguan penglihatan atau pendengaran.

Jika Anda merasakan satu atau beberapa perubahan pada gejala sakit kepala terus-menerus, ini harus diperiksakan segera, setidaknya ke dokter umum. Dokter umum bisa merekomendasikan Anda untuk melakukan CT scan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini