Lupakan Steak atau Pasta, Siang Ini Enaknya Lahap Soto! Ini 6 Pilihannya

Santi Andriani, Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 298 1502654 lupakan-steak-atau-pasta-siang-ini-enaknya-lahap-soto-ini-6-pilihannya-eL42DX7L96.jpg Makan soto untuk pilihan makan siang (Foto: Okezone)

MAKANAN berkuah tentu paling pas disantap saat udara dingin seperti ini, apalagi dengan cita rasa pedas, pasti dijamin bikin makan siang makin lahap. Nah, kali ini mengapa tidak menyantap aneka soto?

Yup, segarnya kuah soto ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sambal, sudah tidak terbayangkan bagaimana nikmtnya. Berikut Okezone berikan rekomendasikan di mana gerai aneka soto yang bisa Anda pilih untuk makan siang hari ini.

Soto Wagyu di Balai Soto

Bagi para penikmat soto di Jakarta, ada sebuah restoran soto yang wajib dan highly recommended untuk dikunjungi. Terletak di Jalan Daksa 1 No. 11, terdapat sebuah surga untuk para penikmat soto bernama Balai Soto.

Dengan konsep modern ethnic, suasana restoran yang sejuk, dan alunan musik santai, tempat ini menawarkan beraneka ragam jenis soto, mulai dari soto wagyu, soto daging, soto buntut, hingga soto ayam. Bagi Anda yang sedang tidak ingin makan makanan berkuah tidak usah khawatir karena restoran ini juga menawarkan berbagai jenis makanan lain.

Okezone bersama penyanyi Regina Ivanova pun berkesempatan untuk mencicipi menu favorit di Balai Soto, yakni soto wagyu dan mi rebus Jawa. Perpaduan kuah soto yang kaya rasa dan daging wagyu yang lembut benar-benar dapat memanjakan lidah para penikmat soto.

“Yang paling keren dari sotonya itu adalah wagyunya. Karena menurut aku soto pakai wagyu itu langka banget ya. Dan wagyunya itu dimasaknya lembut banget, enak banget, satu menu yang baru tapi cihuy,” kata juara Indonesia Idol 2012 ini usai mencicipi soto wagyu.

Sementara untuk rasa mi rebus Jawa-nya sendiri, lanjut Regina, rasa pedas yang ditawarkan tempat makan yang sudah memiliki tiga cabang, yakni di Manado, Jakarta, dan Alam Sutera ini, bisa menjadi menu yang cocok bagi para penikmat masakan pedas.

Soto Mie Kuah Bening Wahid Hasyim

Warung soto mi bening ini menempati sebuah bangunan kecil di Jalan Kebon Kacang XI atau sekitar 200 meter dari Jalan Wahid Hasyim menuju Tanah Abang.

Saat datang dan memesan semangkuk soto mi, Nasrullah dengan sigap mulai meracik. Mula-mulai ia mengambil mi kuning dan merebusnya ke dalam panci. Sambil menunggu matang, ia campurkan cuka aren, kecap asin, garam, penyedap rasa, lada, dan beberapa potong daging ke dalam mangkuk.

Berikutnya, dia mengambil mi kuning yang sudah direbus dan menuangnya bersama kuah. Soto mi ini berkuah bening dan tampak tidak berlemak. Isinya emping, bihun, mi kuning, daging sapi, daun bawang, kol, lobak, bawang goreng, dan perkedel kentang. Di meja disediakan kecap manis, kecap asin, cuka aren, sambal kacang, sambal soto, garam, lada, kerupuk, dan kerupuk paru. Ini yang asyik.

Soto mi berkuah bening dengan aneka isi dan gorengan sebagai pelengkap, benar-benar membuat ketagihan. Seperti dilansir dari Sindonews.

Soto kuning khas Bogor Pak Yusuf

Jangan lupa menoleh kanan kiri jika menyusuri Jalan Surya Kencana, di sisi jalan ini banyak makanan dan minuman yang wajib dicicipi, salah satunya soto kuning. Soto kuning khas Bogor milik Pak Yusuf adalah yang paling terkenal dan rasanya wajib dicicipi saat menyusuri jalan ini.

Soto berkuah kuning ini disajikan dengan isian berbagai pilihan. Daging sapi, iso, babat, kikil, paru, otak dan perkedel bisa jadi pilihan isian yang bebas dipilih sesuai selera. Jumlah potongannya juga bisa disesuaikan dengan kapasitas perut. Tiap potongnya dibanderol dengan harga Rp10 ribu.

Bahan pelengkap seperti irisan daun seledri dan bawang goreng jadi penambah nikmatnya soto ini. Rasa kuah kaldu yang bercampur santan menjadikan kuah soto ini terasa gurih, belum lagi bumbu yang kaya namun tidak berlebih membuatnya terasa sedap.

Soto kudus Soto Kauman Express (SKE)

Ingin menyantap soto kudus, maka tempat yang perlu disambangi adalah Soto Kauman Express (SKE) di Jalan Raya Muchtar Nomor 8, Sawangan, Depok, Jawa Barat di seberang RSUD Depok.

Cita rasa soto khas Kudus dengan yang diracik dari bumbu tradisional yang segar dengan rasa khas bawang putih. Meski disuguhkan dengan mangkuk kecil namun jangan khawatir tidak akan kenyang, karena menikmati soto ini Anda akan disuguhkan nasi putih dan berbagai pelengkap lainnya seperti berbagai macam sate, perkedal dan banyak lainnya.

Soto paru Jurai Ibu En

Jika bertandang ke Kecamatan IV Jurai, Sumatera Barat maka bisa menemui rumah makan Soto Paru Ibu En. Nah, rumah makan ini satu-satunya yang menyediakan soto paru di wilayah IV Jurai.

"Disini cuma satu yang jual cuma ibu. Dari tahun 90an. Paru ini jadi favorit," kata Ibu En pada Okezone.

Tak beda jauh dari soto pada umumnya, soto paru ini disajikan dengan mie bihun dan kuah kaldu. Yang membedakannya ialah potongan dendeng paru yang jadi topping-nya.

Kriuk dan gurih, begitulah kira-kira sensasinya saat Okezone mencicipi Soto Paru ini jelang siang hari. Semakin lengkap lagi jika dinikmati bersama kerupuk kulit dan sambal.

Soto Banjar

Okezone berkesempatan mencicipi soto khas Banjar. Ketika pesanan datang, tampilan soto banjar sedikit berbeda dengan soto pada umumnya.

Kuah kaldu soto Banjar sedikit bening dan tidak berwarna kuning. Paduannya cukup banyak, yakni suwiran daging ayam kampung, telur bebek rebus, perkedal kentang, bihun, daun seledri dan bawang goreng.

Aroma yang keluar dari hidangan ini tidak seperti soto yang kaya rempah. Melainkan lebih mirip dengan kuah sup. Paling nikmat soto banjar disantap dalam keadaan hangat. Ketika dicicipi kuahnya, rasa kaldu ayam yang khas langsung terasa.

Sensasi hangat, gurih, sedap soto Banjar ini memberi sensasi berbeda ketika menyantapnya. Suwiran daging ayamnya juga cukup banyak menambah kenikmatan menyantap soto Banjar. Berbagai paduan dari perkedel kentang, bihun dan paduan lainnya lengkap menambah kenikmatan saat menyantap soto Banjar. Sensasi menyantap soto juga bisa terasa ketika menikmati hidangan ini.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini