Share

Ketahui Tanda-Tanda ketika Liver Bermasalah

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 10:46 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 481 1502553 ketahui-tanda-tanda-ketika-liver-bermasalah-Oqlv6igJ26.jpg Ilustrasi (Foto: Thebostonjam)

LIVER adalah organ tubuh yang berperan vital bagi keberlangsungan hidup kita. Sayangnya, salah satu organ terbesar tubuh kita ini bisa mengalami gangguan atau terkena penyakit. Hal ini harus Anda pahami jika Anda benar-benar mencintai liver Anda.

Lalu, gejala apa yang bisa ditemui ketika liver bermasalah?

Kelelahan adalah tanda yang paling umum dari gangguan liver. Anda mungkin juga mengalami mual, muntah, nafsu makan menurun, urin berwarna coklat, atau bahkan penyakit kuning yang menyebabkan mata dan kulit menguning.

Apa yang harus dilakukan ketika gejala liver bermasalah ditemukan?

Seperti dilansir dari Everydayhealth, Jumat (30/9/2016), Anda bisa periksa ke dokter atau melakukan tes darah untuk mengecek fungsi hati. Pemeriksaan luar atau tes darah setidaknya bisa mencari tahu apa ada masalah kebocoran liver.

Jika hasil tes darah normal, apakah itu berarti liver saya sehat?

Belum tentu. Tes fungsi liver harus dilakukan untuk menjamin bahwa hati Anda sehat, terutama jika Anda memiliki riwayat gangguan hati. Tergantung pada riwayat dan gejala, dokter mungkin memutuskan untuk melakukan tes lagi, seperti USG, CT scan, atau MRI.

Apa prognosis saya jika saya didiagnosis dengan beberapa jenis penyakit liver?

Tiga penyakit utama liver adalah perlemakan hati, hepatitis, dan penyakit genetik. Secara umum, jika semua cepat didiagnosis dan ditangani dengan baik, kondisi tidak akan cepat memburuk. Bahkan, semua penyakit hepatitis dapat diobati, bahkan pada banyak kasus dapat sepenuhnya sembuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini