nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbangun Tengah Malam? Jangan Lakukan Ini agar Cepat Tidur Kembali

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 30 September 2016 21:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 30 481 1503134 terbangun-tengah-malam-jangan-lakukan-ini-agar-cepat-tidur-kembali-1CHxtq4abM.jpg Jangan cek email jika terbangun tengah malam (Foto: Menshealth)

APAKAH Anda pernah atau sering terbangun di tengah malam dan sulit kembali tidur? Mungkin ada kebiasaan yang perlu dievaluasi, karena bagaimana pun tidur cukup di malam hari sangatlah penting.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari agar waktu tidur Anda tidak terpotong, seperti dilansir dari Menshealth, Jumat (30/9/2016).

Jangan nyalakan layar ponsel untuk mengecek waktu atau email

Setiap perangkat yang memancarkan cahaya seperti spektrum cahaya biru pada ponsel, tablet, atau laptop akan menghentikan produksi melatonin di otak Anda. Melatonin adalah hormon tidur yang membuat Anda mengantuk.

Stres dengan tugas yang akan Anda

Ketika Anda melihat laptop Anda, memeriksa email Anda, atau mulai memikirkan tugas yang harus dikerjakan besok sepanjang tengah malam, ini akan membuat Anda sulit tidur.

Makan camilan di tengah malam

Makan di tengah malam bukanlah ide yang baik. Makan sendiri adalah cara tubuh mengatur jam internal, seperti sarapan untuk menyambut pagi, makan malam untuk menutup hari. Jika Anda ngemil di malam hari, sementara Anda tidak biasa melakukan ini, tubuh akan mengira Anda sudah pagi.

Memasang AC terlalu dingin

Suhu mempengaruhi seberapa nyenyak Anda tidur. Suhu ruangan yang terlalu panas adalah yang paling bisa mengganggu waktu tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini