Fibroid Buat Perut Wanita Ini seperti Hamil 3 Tahun

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 01 Oktober 2016 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 481 1503297 fibroid-buat-perut-wanita-ini-seperti-hamil-3-tahun-wHJ2R5BUd3.jpg Ilustrasi (Foto: Womenshealthmag)

PERUT kembung akibat menstruasi tentu tidak nyaman rasanya. Namun, seorang wanita asal Inggris Raya merasakan masalah tersebut tiga tahun lamanya, akibat kasus ekstrim yang disebabkan perkembangan fibroid.

Margaret McMahon, ibu dua orang anak berusia 48 tahun, awalnya pergi ke dokter dengan perut buncit dan rasa sakit yang dirasakan mirip kehamilan. Awalnya, dokter menghubungkan keluhan tersebut sebagai sindrom iritasi usus dan fibroid kecil di rahim.

"Fibroid di rahim adalah bentuk tumor jinak (non-kanker) yang disebabkan pertumbuhan dari jaringan otot rahim," kata ahli kebidanan dan ginekologi, Pari Ghodsi, MD, dilansir dari Womenshealthmag.

Setelah bertahun-tahun mengeluhkan nyeri yang meningkat, McMahon diberitahu bahwa fibroidnya tidak tumbuh sama sekali dan bahwa dia hanya perlu menurunkan berat badan. Merasa tidak puas, dia membayar sendiri untuk mendapatkan tes CAT scan, yang akhirnya menunjukkan masalah yuang sebenarnya.

Massa yang besar di rahimnya ditemukan setelah beberapa tes dilakukan. Fibroid seukuran melon yang ditemukan mengharuskan McMahon menjalani histerektomi atau prosedur pembedahan untuk mengangkat rahimnya.

Fibroid yang umum muncul pada wanita usia tiga dan empat puluhan umumnya memang tidak akan membesar dan itu cukup langka. Ukuran, bentuk, dan lokasi fibroid dapat sangat bervariasi. Fibroid bisa terus berukuran kecil atau tumbuh baik secara perlahan atau pesat, kata ahli.

Meskipun tingkat keparahannya berbeda, fibroid dapat menyebabkan kram, nyeri saat berhubungan seks, perdarahan, dan tekanan pada kandung kemih yang menyebabkan masalah dengan buang air kecil. Terkadang kehadiran fibroid bahkan tidak menyebabkan gejala sama sekali.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini