Banyak Makan Makanan Berlemak Tingkatkan Risiko Tumor Usus

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2016 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 481 1503314 banyak-makan-makanan-berlemak-tingkatkan-risiko-tumor-usus-QHKTbhGA76.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

BANYAK mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti dari minyak kelapa atau es krim, memang dapat meningkatkan risiko pembentukan tumor pada kanker usus, sebuah penelitian baru menemukan.

Pasalnya, diet tinggi lemak memicu peradangan yang menyebabkan kanker usus. Ini bahkan tidak terkait dengan masalah kegemukan atau obesitas, kata penelitian tersebut.

"Kami menemukan bahwa jenis tertentu dari diet tinggi lemak berhubungan dengan peningkatan pembentukan tumor pada contoh tikus dengan kanker usus," kata John Lambris, peneliti di University of Pennsylvania.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Molecular Cancer Research, pengamatan ini mendorong kami untuk melakukan penelitian yang menyimpulkan bahwa kebiasaan diet tinggi lemak dapat menyebabkan kanker usus, tambah Edimara Reis, peneliti di University of Pennsylvania.

Model ini sangat menarik karena menyerupai manusia poliposis keluarga adenomatous, suatu kondisi yang membawa risiko sen 80 per mengembangkan kanker kolorektal pada individu dengan mutasi pada gen supresor tumor yang disebut APC, penelitian disarankan.

Para peneliti menggunakan tikus dan menemukan bahwa peningkatan pembentukan tumor dikaitkan dengan diet lemak jagung atau lemak kelapa. Sementara tikus yang diberi minyak zaitun sebagai sumber lemak tidak mengembangkan polip usus, meskipun tikus tersebut obesitas.

Tim itu menyimpulkan bahwa diet tinggi lemak (bukan status metabolik) dan komposisi kimia dari diet adalah faktor yang paling penting untuk menentukan risiko kanker, dikutip dari Zeenews.

Menurut para peneliti, hasil jelas menunjukkan bahwa makan diet tinggi lemak cukup untuk meningkatkan risiko kanker, terlepas dari obesitas. Peradangan dan tumor usus pada tikus bahkan terjadi tiga hari setelah diberi makan diet tinggi lemak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini