nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI BATIK : Ani Yudhoyono Koleksi Batik Daerah, Wujud Cinta Budaya Bangsa

Tentry Yudvi, Jurnalis · Minggu 02 Oktober 2016 10:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 01 194 1503781 hari-batik-ani-yudhoyono-koleksi-batik-daerah-wujud-cinta-budaya-bangsa-ccD4X10QjW.jpg Ani Yudhoyono (foto: okezone)

SEBAGAI warisan budaya yang dilindungi oleh UNESCO, batik kini dilestarikan dengan menuangkannya ke dalam penampilan sehari-hari, dan juga koleksi.

Keindahan batik yang memiliki corak dan warna yang berbeda-beda di setiap daerah menarik perhatian pecinta batik itu sendiri. Salah satunya ibu mantan presiden RI , Ani Yudhyono yang jatuh cinta dengan batik sejak umurnya masih muda.

"Saya suka sekali dengan batik, saya koleksi banyak sekali batik. Setiap daerah itu saya hampir punya," jelasnya kepada Okezone.

Koleksi batik yang dimiliki ibu dua anak ini semakin bertambah banyak di saat dirinya sedang melakukan tugas negara di setiap daerah. Ia pun pasti meluangkan waktu untuk membeli batik di setiap daerah.

"Waktu ke Kalimantan itu saya beli, ke Papua juga saya punya. Ya, dulu setiap melakukan perjalanan ke daerah saya pasti beli batik," tutupnya.

Istri dari Susilo Bambang Yudhoyono ini menuturkan dengan mengoleksi banyak batik, dirinya juga ikut melestarikan budaya leluhur di Indonesia ini.

"Saya koleksi batik juga untuk melestarikan kearifan Indonesia juga, apalagi sudah disahkan oleh UNESCO. Saya berkewajiban untuk melestarikannya," jelasnya.

(SLV)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini