nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kesalahan Wajib Dihindari saat Memasak Dada Ayam

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2016 13:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 03 298 1504738 4-kesalahan-wajib-dihindari-saat-memasak-dada-ayam-IZDb2laWAZ.jpg Cara mengolah dada ayam agar enak (Foto: Delish)

MESKIPUN banyak olahan ayam yang bisa dibuat tapi tetap yang paling favorit adalah ayam goreng. Bagian ayam yang paling banyak digunakan adalah dada, bagian dengan daging tebal dan rendah lemak ini ternyata membutuhkan langkah khusus untuk mengolahnya.

Untuk mendapatkan olahan dada ayam yang juicy, lembut dan lezat dibutuhkan trik tersendiri. Dilansir dari BonAppetit, Senin (3/10/2016), berikut empat trik yang bisa dilakukan serta kesalahan yang harus dihindari agar suguhan ayam Anda spesial.

Buang kulit dan tulang ayam

Bagian tulang dan kulit ayam memang banyak dihindari. Tidak ada yang mau menyantap kerasnya tulang dan banyak yang sudah sadar akan kesehatan lalu menghindari tumpukan lemak pada kulit ayam. Tapi percayalah tulang dan kulit ayam membuat daging terasa lembab dan menghasilkan ayam yang juicy.

Tidak melakukan marinasi

Merendam ayam dalam bumbu dan memarinasinya selama beberapa menit jadi faktor penting yang menentukan rasa daging ayam. Proses marinasi yang menggunakan garam dianggap beberapa orang akan menyerap kelembaban ayam padahal garam adalah hal penting yang memberikan rasa pada hidangan. Takar garam sesuai kebutuhan agar ayam tetap terasa namun tidak kering.

Merebus ayam yang akan dipanggang

Ayam panggang akan menghasilkan rasa yang sangat lezat jika diproses dengan satu teknik yang benar. Jika ingin mengolah ayam panggang sebaiknya jangan dimulai dengan merebusnya, tetapi masak ayam mulai saat dalam keadaan mentah. Proses merebus ayam sebelum memanggangnya akan membuat ayam over cook dan menghasilkan tekstur yang keras layaknya mengunyah karet. Jika takut ayam tidak matang sempurna, buatlah potongan tipis dan masak secara perlahan.

Jika ayam terlalu kering…

Saat Anda tanpa sadar mengolah ayam dengan terlalu lama memasaknya pastilah ayam yang dihasilkan akan kering dan tidak menarik lagi dimakan. Tenang karena ada cara untuk menyiasatinya. Tambahkan ayam dengan bahan yang membuatnya basah seperti siraman saus, mayones atau membuat daging ayam menjadi tambahan dalam sup. ini akan membantu membuat ayam terasa lembab dan basah. Dibandingkan langsung menyantap ayam kering, alternatif ini bisa jadi pilihan yang tepat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini