nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadir 128 Tahun, Patung Christopher Colombus Bakal Dibongkar!

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2016 16:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 03 406 1504972 hadir-128-tahun-patung-christopher-colombus-bakal-dibongkar-NIdDtQsmdY.jpg Patung Christopher Colombus di Barcelona bakal dibongkar (Foto:

PATUNG tokoh Christopher Columbus di Barcelona telah berdiri selama 128 tahun. Sayangnya, patung ini akan segera dibongkar.

Para anggota dewan Barcelona menyerukan perintah pembongkaran terhadap patung sosok penjelajah dunia tersebut.

Hal ini tidak lain disebabkan oleh banyaknya kritikus yang mengatakan bahwa monumen tersebut tidak layak berdiri untuk merayakan sejarah kolonial.

Patung Columbus terbuat dari perunggu dengan tinggi 60 meter. Patung ini didirikan pada tahun 1888 untuk Barcelona Universal Exposition. Sementara di bawahnya terdapat beberapa patung tokoh-tokoh dalam sejarah Spanyol.

Dilansir dari Time, Senin (3/10/2016), tiga anggota dewan dari sayap kiri Popular Unity Candidacy berpendapat bahwa patung Columbus dan dekorasi di dasarnya “memuliakan penaklukan Amerika dan ‘museumification’ melalui interpretasi sejarah,” seperti dilaporkan The Guardian.

Mereka juga mengatakan alternatif lebih baik akan menjadi peringatan “perlawanan Amerika imperialisme, penindasan dan segregasi adat dan Afrika-Amerika”. Mereka telah membawa proposal tersebut ke dewan kota pada hari Jumat lalu.

Selain membongkar patung, para anggota dewan di Barcelona juga menyerukan kota tersebut untuk merayakan hari libur nasional Spanyol pada tanggal 12 Oktober. Pasalnya, hari libur tersebut adalah peringatan kedatangan pertama Columbus di Amerika.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini