nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Redakan Sakit karena Simpul Otot dalam 60 Detik

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2016 18:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 03 481 1505052 tips-redakan-sakit-karena-simpul-otot-dalam-60-detik-DyG1cxgCbr.jpg Ilustrasi (Foto: Menshealth)

KRAM otot yang terasa sakit bisa muncul tiba-tiba karena salah gerak atau stres yang membuat otot menyimpul. Sementara pijatan dapat bekerja meregangkan kekakuan, Anda mungkin tidak punya cukup waktu untuk menghentikan kegiatan Anda.

Namun, ada cara cepat untuk membantu mengatasi ini. Ahli terapi fisik kesehatan di Mayo Clinic, Allyn Kakuk, DPT, membagikan tips untuk atasi simpul otot dalam 60 detik, seperti dilansir dari Menshealth, Senin (3/10/2016).

Langkah 1

Anda perlu mencari titik sakitnya terlebih dulu. Misalnya, jika itu di sisi kanan leher atau punggung bagian atas, letakkan tangan kanan di daerah yang Anda keluhkan. Jika itu di sisi kiri, gunakan tangan kiri Anda.

Langkah 2

Dorong simpul otot dengan jari-jari Anda menggunakan tekanan kuat. Tapi, hati-hati, rasa sakit yang Anda rasakan harus masih bisa Anda tolerir, bukan justru rasa sakit yang tajam.

Jika Anda tidak mampu mencapai simpul otot yang sakit tersebut, menggunakan bola tenis atau properti lainnya untuk memberi tekanan mungkin dapat membantu.

Langkah 3

Jika simpul otot di leher, tekuklah leher Anda secara diagonal, seperti jika Anda mencoba untuk menyentuh ketiak Anda dengan dagu.

Langkah 4

Ulangi langkah satu sampai tiga 20 kali. Setelah itu, lakukan peregangan pada leher dan punggung atas dengan baik seperti ketika Anda baru bangun tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini