Optimis! Soto Bisa Ikuti Jejak Rendang Mendunia

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 04 298 1505944 optimis-soto-bisa-ikuti-jejak-rendang-mendunia-SRIi83627M.jpg Soto siap mendunia (Foto: Youtube)

KHASANAH kuliner Indonesia siap berkibar lagi. Setelah rendang yang kini sudah mendunia, soto segera dipilih pemerintah sebagai ikon kuliner Nusantara yang baru untuk go international.

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata tengah mempersiapkan agar soto lebih dikenal di dunia internasional. Hal ini ditanggapi positif oleh seorang pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo.

Ketika ditanya Okezone akan pendapatnya tentang soto bisa mengikuti jejak rendang yang sudah populer lebih dulu, wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu mengaku optimis, soto bisa ikuti jejak rendang sebagai ikon kuliner Nusantara selanjutnya.

“Optimis dan tentu bisa. Soto itu salah satu hidangan yang mudah dibuat dan variannya juga banyak,” ucapnya saat dihubungi Okezone via telepon, Selasa (4/10/2016).

Sebelumnya eksistensi soto sebagai hidangan khas Nusantara tak perlu diragukan. Sebab, aneka varian soto tersedia di banyak daerah dengan ciri khas masing-masing.

Umumnya soto terdiri dari kuah kaldu daging berbumbu rempah yang ditambah aneka lauk pelengkap. Seperti ayam, daging sapi, jeroan, aneka sayuran dan banyak bahan pelengkap lainnya.

Kunci kelezatan sajian soto sebenarnya terdapat pada kuah kaldu yang bercampur bumbu dan aneka lauk pelengkap lainnya. Soto punya rasa gurih sedap dan jika disantap terasa nyaman di lidah karena bumbunya tidak terlalu menusuk indera perasa.

Ini yang membuat pakar kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo optimis kalau soto dapat digemari masyarakat dunia karena cita rasa dan banyak variasinya.

“Soto rasanya enak dan variasinya banyak. Basiknya kuah kaldu dan tambahan pelengkap, misalnya mau bervariasi bisa ditambah kuah kaldu dengan bumbu kuning jadi soto kuning dan masih banyak variasi lain,” pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini