Sedang Dicari, Soto yang Layak Mendunia!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 04 298 1506080 sedang-dicari-soto-yang-layak-mendunia-8M0hwllXlz.jpg Dicari soto yang layak mendunia (Foto: Qraved)

KEPOPULERAN soto di Nusantara bukan hal yang baru, soto sudah jadi santapan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tidak sulit menemukan soto di berbagai tempat, kini saatnya soto terbang ke mancanegara agar bisa dikenal luas oleh lidah masyarakat Asia ataupun Eropa.

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pariwisata (Kemenpar) tengah mengkaji soto sebagai kuliner yang akan dipromosikan ke mancanegara. Kasubdit Kesehatan Spa & Kuliner, Deputi Pengembangan Pariwisata Nusantara Kemenpar, Eri Ibrahim, mengatakan, soto memang tengah dikaji dan didalami sebagai kuliner yang akan dipromosikan.

Menurutnya, soto memiliki daya tarik sendiri untuk dipasarkan, belum lagi ragamnya yang banyak membuat soto pantas diperkenalkan ke lidah masyarakat mancanegara.

“Sebenarnya semua soto punya ciri khas masing-masing. Kalau ditanya mana yang pantas, semuanya Saya rasa pantas. Tapi pasti masih dipilih mana yang akan dibawa, masalahnya kalau semua soto mau diperkenalkan pasti tidak terfokus,” kata perempuan ramah yang akrab disapa Eri saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Selasa (4/10/2016).

Eri menambahkan, meski memiliki banyak perbedaan, soto termasuk satu jenis kuliner, yakni makanan berkuah banyak. Cirinya sama, hanya ragam dan variannya yang berbeda. “Soto makanan tradisional Indonesia yang banyak ragamnya. Setiap daerah punya soto yang rasanya beragam di berbagai daerah. Bagus jika nantinya soto benar-benar diangkat sebagai satu ikon kuliner yang akan di-duniakan,” pungkas Eri.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini